Breaking News:

Pilkada Kalsel 2020

Bapaslon Pilkada Banjar Ini Positif Covid-19, KPU Banjar Lakukan Ini

Dua dari delapan bacalon Pilkada Kalsel 2020 yang diketahui positif terpapar Covid-19 berasal dari Kabupaten Banjar.

Tribunkalteng.com/milna sari
Bakal calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Banjar Andin Sofyanoor dan KH M Syarif Busthomi dari perseorangan saat mendaftar di KPU Banjar, Sabtu (5/9/2020). 

Editor : Hari Widodo

TRIBUNKALTENG.COM - Dua dari delapan bacalon Pilkada Kalsel 2020 yang diketahui positif terpapar Covid-19 berasal dari Kabupaten Banjar.

Menyikapi itu, KPU Banjar pun mengeluarkan surat pernyataan penundaan untuk pemeriksaan kesehatan bagi bakal pasangan calon (Bapaslon) yang dinyatakan positif.

Komisioner KPU Kabupaten Banjar Divisi Teknis Penyelenggara, M Zain Selasa (8/9/2020) sesuai PKPI nomor 10 tahun 2020 pasal 50 c, KPU segera melakukan penundaan tahapan bagi pasangan yang positif Covid 19.

"Tahapan pemeriksaan kesehatan terpaksa ditunda minimal 10 hari atau sampai dinyatakan negatif atau sembuh," ujarnya.

Dua Bakal Calon Wakil Bupati Tanbu Kalsel Positif Covid-19

UPDATE Corona Dunia 16 Agustus: Brazil Ada 40.000 Lebih Kasus Baru & 21,5 Juta Positif Covid-19

Jika pasangan calon dinyatakan masih positif sampai pada tahapan penetapan di 23 September maka KPU ujarnya akan mengeluarkan SK penundaan tahapan penetapan pencalonannya.

"Tapi tetap tidak menggugurkan pencalonannya," tambah Zain.

Jika dinyatakan sudah sembuh atau negatif maka tahapan pemeriksaan kesehatan akan dilanjutkan. Bakal calon terpapar Covid 19 ungkap Zain tak bisa dihindari.

Memang saat mendaftar ke KPU kemarin bakal calon sudah membawa surat pernyataan negatif Covid 19. Diduga ujar Zain bakal calon terpapar usai mendaftar ke KPU.

Demi menghilangkan kekhawatiran di KPU rencananya ujar Zain, pegawai KPU Kabupaten Banjar juga akan diswab tes seluruhnya.

Halaman
12
Penulis: Milna Sari
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved