Berita Kapuas

Pembinaan Kepala Sekolah dan Guru Madrasah di Kapuas Kalteng, Ini Materi Disampaikan

Pembinaan kepada kepala dan guru RA/Madrasah dilaksanakan di Kabupaten Kapuas, dihadiri oleh Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provin

Penulis: Fadly Setia Rahman | Editor: edi_nugroho
Foto Kemenag Kapuas
Momen pembinaan kepada kepala dan guru RA/Madrasah di Kabupaten Kapuas oleh Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Kalimantan Tengah. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Pembinaan kepada kepala dan guru RA/Madrasah dilaksanakan di Kabupaten Kapuas, dihadiri oleh Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah, H Baihaqi.

Saat pembinaan yang dilakukan belum lama tadi, H Baihaqi menyampaikan ada beberapa kebijakan yang perlu dikembangkan dalam memacu keterampilan guru yang diperlukan pada abad 21 ini.

Antara lain inovasi, kemampuan membaca, menganalisis, menulis dan memahami serta melakukannya.

"Lalu, penguatan pendidikan karakter bagi guru sebagai sumber dalam pembentukan karakter peserta didik serta keterampilan berpikir dengan imajinasi yang tinggi yang mengarah kepada Meta Kognitif," katanya.

Wakapolres Kapuas Bakti Sosial ke Yayasan Bifahmiddin, Ini Harapannya

VIDEO Kaltengpedia: Nyamannya Bersantai di Taman Danau Mare dekat Dermaga KP3 Kapuas Kalteng

Mantan Kankemenag Kota Palangkaraya ini juga menambahkan terkait akan pilar pendidikan berkarakter.

Antara lain Belajar untuk mengetahui (learning to know), Belajar untuk melakukan ( learning to do), Belajar untuk mewujudkan ( learning to be), serta Belajar untuk hidup bersama (learning to live together).

"Keberhasilan pendidikan karakter memang tidak hanya ditentukan oleh besarnya peran guru/pendidik dalam memberikan pengajaran atau bimbingan, tetapi juga ditentukan oleh lingkungan sosial dalam memberikan situasi yang kondusif dalam pengembangan karakter," ujarnya.

Nilai-nilai tersebut, lanjutnya, tidak sekadar disampaikan secara konseptual. "Tetapi dibutuhkan latihan secara terus-menerus dan diterapkan dalam aktivitas sehari-hari," pungkasnya.
(Tribunkalteng.com/Fadly Setia Rahman)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved