Breaking News:

Berita Palangkaraya

Tanam Perdana Program Food Estate di Desa Tahai Baru Kalteng Mulai Dilaksanakan

Pemerintah pusat terus mengembangkan penanaman berbagai jenis tanaman di lokasi food estate di Kalimantan Tengah dengan memperluas penanaman

Foto Humas Pemprov Kalteng
Desa Tahai Baru, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulangpisau Kalimantan Tengah, Senin (31/8/2020) mulai tanam perdana. Ini untuk pengembangan kawasan pertanian food estate yang telah dicanangkan Presiden Joko Widodo. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Pemerintah pusat terus mengembangkan penanaman berbagai jenis tanaman di lokasi food estate di Kalimantan Tengah dengan memperluas penanaman hingga ke lokasi, Desa Tahai Baru, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulangpisau yang Senin (31/8/2020).

Hingga, Selasa (1/9/2020) lokasi penanaman baru padi dan jenis tanaman lainnya tersebut masih terus dilanjutkan oleh petani setempat sebagai upaya pembangunan dan Pengembangan Food Estate di Kalimantan Tengah yang sudah dicanangkan oleh presiden Joko Widodo, belum lama tadi.

Menteri Pertanian Republik Indonesia Syahrul Yasin Limpo beserta jajarannya, saat penanaman perdana berkesempatan melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya ke Kabupaten Pulangpisau untuk melakukan penanaman perdana tersebut didampingi pejabat Pemprov Kalteng.

Perubahan Jadwal Timnas U-19 Indonesia, Lawan Bulgaria Dulu Baru Kroasia dan Arab Saudi

Inilah Keutamaan & Niat Puasa Ayyamul Bidh yang Dikerjakan Mulai 1-3 September 2020

Buka Kuliah Perdana, Nafiah Ingatkan Mahasiswa STAI Kuala Kapuas Patuhi Protokol Kesehatan

Kunker ini dimaksudkan dalam rangka olah tanah dan tanam perdana program Food Estate di Desa Tahai Baru, Kecamatan Maliku, Kabupaten Pulangpisau sebagai pengembangan penanaman lahan pertanian sebagai kawasan food estate yang sudah ditetapkan di Pulangpisau dan Kapuas Kalteng.

Mentan Syahrul Yasin Limpo bersama Sekretaris Daerah Prov. Kalteng Fahrizal Fitri dan rombongan meninjau pengolahan lahan yang dilakukan menggunakan traktor oleh para petani, menanam benih jeruk serta penanaman benih menggunakan drone.

Usai melakukan peninjauan, Mentan juga menyerahkan bantuan secara simbolis berupa Benih Padi, Benih Jeruk, traktor, dan KUR Usaha Pertanian Padi dari Bank Mandiri sebesar Rp150.000.000 serta Rp100.000.000 untuk KUR Pertanian untuk 6 orang di Kabupaten Kapuas.

Dalam arahannya Syahrul Yasin Limpo menyampaikan, sebagai upaya penyediaan stok pangan nasional, Kementerian Pertanian sedang dan akan mengembangkan potensi lahan rawa yang sesuai untuk budidaya pertanian untuk membantu peningkatan produksi pangan, yaitu melalui program Food Estate dan optimalisasi lahan yang potensial di Kalteng.

Mentan juga mengajak unsur Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten untuk dapat terus bekerjasama membangun sektor pertanian di Kalteng.

"Saya mohon kerjasamanya untuk pengembangan kawasan pertanian disini, sehingga mampu memberikan dampak yang luar biasa pada sektor pertanian dimasa yang akan datang," ujarnya. (Tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved