Breaking News:

Pilkada Kalteng 2020

Pilkada Kalteng: Kualitas dan Partisipasi Pemilih Dikhawatirkan Rendah, Ini Harapan Tokoh Muda Kotim

Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah tinggal tiga b

Foto Kiriman Gumarang
Tokoh Muda di Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Muhammad Gumarang. 

Editor: Edi Nugroho

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah tinggal tiga bulan lagi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Tengah maupun Komisi Pemilihan Umum Kotawaringin Timur, hingga, Selasa (1/9/2020) terus melakukan tahapan Pilkada Kalteng dan Pilkada Kotim sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Meskipun pelaksanaanya dalam kondisi Pandemi Covid-19 sehingga setiap tahapannya dilakukan dengan memperketat protokol Covid-19 sejak dalam tahapan hingga pelaksanaan pencoblosan yang akan dilakukan Rabu (9/12/2020) mendatang.

Kaltengpedia: Museum Kayu Tutup Selama Pandemi Covid-19

Sebagian warga di Kalteng mengaku saat ini lebih fokus untuk membangkitkan ekonomi yang nampak semakin terpuruk dampak pandemi sehingga tereksan acuh dengan pelaksanaan Pilkada yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Sebagian lagi malah takut keluar rumah, karena setelah adanya pelonggaran untuk membangkitkan ekonomi, penyebaran Covid-19 malah terus bertambah sehingga, warga keluar rumah jika ada kebutuhan mendesak saja.

Salah satu tokoh muda di Kotim, Muhammad Gumarang, Selasa (1/9/2020) malah memperkirakan pelaksanaan Pilkada selama masa pandemi akan menimbulkan kualitas Pilakda menurun karena rawan kecurangan, demikian juga dengan tingkat partisipasi pemilih bisa jauh berkurang.

"Saya memperkirakan, partisipasi pemilih bisa merosot dibanding Pilakda periode yang lalu, demikian juga kualitasnya bisa semkian rendah, karena rawan kecurangan terutama politik uang dan pembagian sembako, ini sangat rentan saat perekonomian warga sedang terpuruk karena pandemi," ujarnya.

Sebelumnya, Mendagri Tito Karnavian, saat melakukan rapat koordinasi di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng di Palangkaraya, merasa optimistis pelaksanaan Pilkada meski dalam kondisi Pandemi tetap akan sukses, dengan becermin dari pelaksanaan Pemilu di negara lain yang juga dilakukan dalam masa pandemi. (Tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: edi_nugroho
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved