Breaking News:

Selebrita

Rhoma Irama Sindir Soal Hak Cipta Imbas Lagunya Sering Di-cover Tanpa Izin

Musisi Candra Darusman melihat fenomena cover lagu ini benar-benar sangat terbantu oleh kemajuan teknologi sehingga pengaturan hukumnya pun rumit

Grid.ID/Rangga Gani Satrio
Rhoma Irama 

TRIBUNKALTENG.COM - Daur ulang lagu atau yang sering disebut cover lagu kerap menjadi jalan pintas bagi musisi untuk memperoleh ketenaran.

Permasalahan utama dari fenomena cover lagu ini adalah izin hak cipta yang seharusnya dilakukan kepada penyanyi aslinya.

Padahal, Indonesia memiliki aturan tersendiri tentang hak cipta yang tertuang dalam Undang Undang (UU) Nomor 28 tahun 2014.

Musisi Candra Darusman melihat fenomena cover lagu ini benar-benar sangat terbantu oleh kemajuan teknologi sehingga pengaturan hukumnya pun menjadi semakin rumit.

Ketakutan Tata Janeeta Dapat Suami Bule Lagi, Ini Alasan Pilih Gandeng Pria Pribumi

"Kembali ke soal cover lagu, memang fenomena pemanfaatan lagu di-upload, tidak melulu hanya aspek hukum tapi ada aspek kreasi, aspek teknologi lain dan malah mengalahkan aspek hukum."

"Dengan perkembangan teknologi berbagai aspek itu lebur,” kata Candra Darusman dalam konfrensi pers via Zoom, Jumat (28/8/2020).

Banyak orang yang melakukan cover lagu dan akhirnya menarik keuntungan untuk pribadi.

Hal tersebut tentunya sangat bertentangan dengan Undang Undang tentang hak cipta.

Candra Darusman berharap para pekerja seni harus diberi literasi tentang bagaimana menghargai hak cipta sehingga fenomena cover lagu ini tidak merusak ekosistem di dalamnya.

"Musuh utama kita, dalam tanda kutip, adalah kekurangan pemahaman di dunia seni dan teknologi. Kita harus memberi penjelasan bertahap, ada saja orang meng-cover lagu untuk kesenangan keluarga atau yang lain,” tutur Candra Darusman.

Halaman
12
Editor: Murhan
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved