Breaking News:

New Normal

Bioskop Bakal Buka, Benarkah Menonton Film Bisa Tingkatkan Imunitas? Ini Penjelasan Satgas Covid-19

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 beralasan, bioskop berkontribusi meningkatkan imunitas masyarakat yang berkaitan dengan penanganan Covid-19

Editor: Didik Trio
XXI
Bioskop XXI disemprot dengan cairan disinfektan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. 

Editor : Didik Trio Marsidi
TRIBUNKALTENG.COM - Pembukaan bioskop akan dilakukan dalam waktu dekat, hal itu setelah mendapat izin dari Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito beralasan, bioskop berkontribusi untuk meningkatkan imunitas masyarakat yang berkaitan dengan penanganan Covid-19.

Menurut Wiku, masyarakat merasa bahagia saat menonton film di bioskop. Perasaan bahagia itu disebut berpengaruh pada meningkatnya imunitas tubuh sehingga memperkecil risiko terpapar Covid-19.

"Bahwa bioskop dan sinema memang memiliki karakteristik dan kontribusi penting, terutama dalam memberikan hiburan kepada masyarakat karena imunitas mayarakat bisa meningkat karena bahagia atau suasana mental fisik masyarakat juga ditingkatkan," kata Wiku dalam konferensi pers melalui YouTube BNPB, Rabu (26/8/2020).

Namun, benarkah pembukaan bioskop ini memiliki korelasi terhadap peningkatan imunitas tubuh terhadap Covid-19?

LIVE Tanpa Busana! Bidan Puskesmas Ini Bikin Video Asusila Viral di Medsos, Alasannya Demi Uang

Anak Korban Kaget Pembunuh Ayahnya Ternyata Orang Dekat, Sakit Hati Disebut Perempuan Tak Laku

Meningkatkan imunitas

Menanggapi alasan rencana pembukaan bioskop ini, Epidemiolog dari Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada (UGM), Bayu Satria menilai, lebih besar risiko penularan daripada manfaat yang mungkin ditimbulkan.

"Saya kurang setuju dengan perkataan Tim Satgas terkait pembukaan bioskop untuk meningkatkan imunitas, karena lebih besar risiko penularannya daripada benefit-nya," kata Bayu saat dihubungi Kompas.com, Rabu (26/8/2020) sore.

"Peningkatan imunitas ini kan dikaitkan dengan rasa bahagia, yang kata Satgas, bisa terjadi ketika menonton film di bioskop," sambungnya.

UPDATE Covid-19 Dunia 27 Agustus: 24 Juta Terinfeksi, Jejak Covid-19 Baru pada Sayap Ayam di Brazil

Menurut Bayu, masih ada banyak cara untuk meningkatkan imunitas secara efektif selain dengan menonton bioskop.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved