Berita Jakarta

Ini Calon Penerima Vaksin Covid-19 Menurut Anggota DPR RI

Anggota DPR RI Marwan Jafar mengingatkan pemerintah agar mengutamakan keamanan puluhan juta pengguna di Tanah Air saat pemberian vaksin Covid-19 nanti

TRIBUNNEWS.COM
Anggota DPR RI, Marwan Jafar. 

Editor: Alpri Widianjono

TRIBUN KALTENG.COM, JAKARTA – Berbagai negara berlomba menemukan vaksin yang dapat mengalahkan virus maut saat ini, corona atau Covid-19.

Termasuk Indonesia yang dikatakan Presiden Joko Widodo sedang mempersiapkannya dan kini masih dalam uji klinis dengan target awal 2021 sudah bisa dimanfaatkan.

Terkait hal tersebut, anggota DPR RI, Marwan Jafar, mengingatkan pemerintah terkait dengan pembelian puluhan juta unit vaksin dari Sinovac, Cina.

Jika digunakan pada waktunya nanti, dia tegaskan, harus mengutamakan keamanan bagi puluhan juta pengguna di Tanah Air.

Cegah Covid-19, Jalan Padat Lalulintas Kendaraan di Palangkaraya Disemprot Disinfektan

Rapid Test Tak Dihapus, Begini Penjelasan Satgas Penanganan Covid-19

Meskipun, di negara asal produsen vaksin itu, diinfokan sudah melalui uji tahap ketiga dan aman digunakan.

"Namanya memasukkan vaksin ke tubuh manusia, wajib dipastikan itu tidak terjadi efek negatif kesehatan, sekecil apa pun. Itu sebabnya kita juga sangat mengapresiasi kesukarelaan seperti sosok Pangdam, Kapolda dan Gubernur yang mendaftar dan siap buat disuntik vaksin dari virus yang telah dimatikan," ujar Marwan dalam pernyataannya, Rabu (26/8/2020).

Mantan Menteri Desa-PDTT ini juga mengusulkan penggunaan vaksin penangkal covid 19 harus gratis untuk warga masyarakat.

"Pada tahap awal, boleh jadi penyuntikan vaksin dapat diprioritaskan untuk para pekerja pabrik, karyawan rumah sakit dan perkantoran, para pekerja di berbagai moda transportasi udara, darat, laut, komunitas pasar, mal serta karyawan perhotelan dan restoran. Kita amat berharap upaya penggunaan vaksin semoga berkontribusi besar atau signifikan memutus rantai penyebaran virus corona dan menggairahkan perekonomian bangsa," kata Marwan.

Bantu Cegah Pebyebaran Covid-19, Bapenda Kalteng Bagikan Masker ke Masyarakat,

Covid-19 Kalteng Bertambah, Kapolda Tambah Ambulance dan Siapkan Rumah Sakit Darurat

Marwan juga mengapresiasi upaya mutakhir dan intensif pemerintah oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) yang dikomandani Ketua Pelaksana Menteri BUMN Erick Thohir terkait ketersediaan vaksin seperti dari Sinovac, Cina.

Sertam akses dan kerja sama teknologi kesehatan dengan Uni Emirat Arab (UEA) untuk pengembangan produk-produk vaksin, termasuk vaksin Covid-19 maupun produk farmasi, layanan kesehatan, riset dan uji klinis, serta pemasaran dan distribusi.

Ia juga mengapresiasi kerja sama pemerintah dengan pihak UEA, termasuk kesepakatan kerja sama dengan G42 atau perusahaan artificial intelligence yang bermarkas di Abu Dhabi tersebut yang melibatkan dua perusahaan BUMN, yaitu Kimia Farma dan Indofarma.

Harapan besar yang ada, semua itu akan memberi manfaat besar bagi pengembangan ekosistem industri kesehatan di Indonesia.

HARGA Emas Antam di Pegadaian Rabu 26 Agustus 2020, 1 Gram Rp 1.069.000

Hujan Mulai Jarang, Karhutla Mengancam, Bupati Seruyan Ingatkan ini

Seperti, penerapan alat deteksi Covid-19 berbasis laser di Indonesia serta peningkatan kapasitas serta pengembangan produksi vaksin, farmasi.

"Selain itu, dapat pula menjalin kerja sama yang luas di bidang manajemen atau layanan kesehatan, termasuk pula pengembangan riset, distribusi dan pemasaran produksi farmasi atau industri kesehatan di level domestik, kawasan dan global," imbuh Marwan.

Diketahui, sampai saat ini, sudah sekitar enam bulan wabah Covid-19 melanda Indonesia, termasuk ratusan negara di dunia.

ILUSTRASI - Vaksin Covid-19.
ILUSTRASI - Vaksin Covid-19. (SHUTTERSTOCK)

Dampak pandemi ini telah mengubah perilaku kesehatan dan berpengaruh besar terhadap berbagai sektor ekonomi banyak negara. Termasuk di Indonesia.

(Tribunnnews)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Anggota DPR: Buruh, Tenaga Medis dan Pekerja Kantoran Prioritas Penerima Vaksin Covid-19

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved