Breaking News:

Nasional

Bantuan Pekerja Swasta Dicairkan Setelah Ada Launching dari Presiden Jokowi

Menteri Ketenagakerjaan ( Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, Presiden Jokowi akan meluncurkan program bantuan kepada pekerja swasta pada Kamis (27/8)

Humas Setpres/Ibrahim
Presiden saat memberikan Amanat pada Upacara Peringatan Hari Praja Muda Karana (Pramuka) Ke-59 Tahun 2020, Istana Negara, Provinsi DKI Jakarta, Rabu (12/8). 

TRIBUNKALTENG.COM - Penundaan sempat mewarnai pencairan bantuan subsidi upah (BSU) dari pemerintah untuk 15,7 juta pekerja swasta dengan gaji di bawah Rp 5 juta.

Awalnya, bantuan untuk pekerja swasta sebesar Rp 600 Ribu per bulan per orang itu dijadwalkan dicairkan Selasa 25 Agustus 2020, namun kemudian ditunda.

Menteri Ketenagakerjaan ( Menaker) Ida Fauziyah mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meluncurkan (launching) program bantuan kepada pekerja swasta itu pada Kamis (27/8/2020).

"Mudah-mudahan besok Pak Presiden sudah me-launching program ini (subsidi gaji) dan kami segala sesuatunya sudah kami siapkan," katanya sebelum memulai rapat kerja di Komisi IX Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (26/8/2020).

Ruangan Dekat Menara BST Indosat Terbakar di Mentaya Hulu Kabupaten Kotim

Filipina Sebut Wanita Indonesia Pelaku Bom Bunuh Diri yang Menewaskan 14 Orang di Kota Jolo

Lebih lanjut kata Ida, penyaluran subsidi gaji ini akan dilakukan secara bertahap. Tahap pertama akan disalurkan kepada 2,5 juta pekerja yang datanya telah tervalidasi dan terverifikasi.

"Mudah-mudahan setelah data ini, batch pertama datanya sudah ada kesesuaian. Begitu di-launching maka begitu juga langsung akan kami transfer," ujarnya.

Perlu diketahui, mekanisme penyaluran bantuan subsidi gaji/upah ini diberikan kepada pekerja/buruh sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan atau total Rp 2,4 juta yang akan diberikan setiap dua bulan sekali.

"Artinya, satu kali pencairan, pekerja akan menerima uang subsidi sebesar Rp 1,2 juta," ujarnya.

Subsidi upah merupakan program stimulus yang dikoordinasikan dan dibahas bersama Tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kementerian BUMN, Kemnaker, Kemenkeu, dan BPJS Ketenagakerjaan pada tahun 2020.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menaker: Begitu Diluncurkan oleh Presiden, Subsidi Gaji Langsung Ditransfer"

Editor: Rahmadhani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved