Breaking News:

Berita Kalteng

Jelang Pilkada, Ketua PKS Kalteng Ingatkan Waspada Akun Tak Jelas di Medsos

Mantan Anggota DPRD Kalteng ini, harus waspada kalau akun-akun tersebut memiliki kecenderungan dan tujuan yang kurang baik

istimewa
Ketua PKS Kalteng, Heru Hidayat 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Mendekati pelaksanaan Pemilu Kepala Daerah Gubenur dan Wakil Gubernur Kalteng serta Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Kotawaringin Timur, bermunculan akun-akun di medsos yang tidak jelas identitasnya yang kerap dipakai menyebar kebencian.

Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo, saat melakukan pertemuan dengan tokoh agama dan masyarakat di Mapolda Kalteng, meminta kepada Humas Polda Kalteng untuk terus aktif memantau dan mengawasi akun di media sosial.

"Beri peringatan jika postingannya membawa dampak meresahkan, karena dari media sosial atau dunia maya bisa berlanjut ke dunia nyata, ini yang harus kita cegah, karena ini bisa nantinya akan mengakibatkan gangguan kamtibmas," ujarnya.

Bocah Lima Tahun Dianiaya dan Ditinggalkan Orangtuanya di Warung di Sampit Kalteng

Tantangan TikTok BTS Ajak Goyang #Dance_Dynamite, Usai Rilis Single Dynamite

Sementara itu, Ketua Umum Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Kalimantan Tengah, H. Heru Hidayat, Senin (24/8/2020) menyampaikan era informasi dan teknologi saat ini menjadikan semua pengguna media sosial harus bijak dan lebih waspada lagi.

Pasalnya , dia juga pengalaman mendapati akun di media sosial dengan identitas yang tidak jelas.

"Banyak yang ingin melakukan pertemanan dengannya, namun setelah melakukan cek terhadap akun tersebut ternyata tidak ada informasi identitas jelas," ujar tokoh pemuda Kalteng ini.

Menurut Mantan Anggota DPRD Kalteng ini, harus waspada kalau akun-akun tersebut memiliki kecenderungan dan tujuan yang kurang baik serta berpotensi terjadi provokatif hingga menyebarkan ujaran kebencian.

"Kita harus lebih berhati-hati dan disarankan agar tidak melakukan pertemanan dengan akun-akun yang demikian," ujar aktivis media sosial ini.

Menurut Heru, akun-akun di media sosial yang tidak mempunyai identitas jelas dan isinya tidak bisa dipertanggungjawabkan maka dikelompokan sebagai akun buzzer.

"Buzzer lebih ke kelompok orang yang tidak jelas siapa identitasnya, biasanya memiliki motif ideologis atau motif ekonomi di belakangnya, kemudian menyebarkan informasi," ujar Heru.

Karenanya Heru mengajak kepada seluruh masyarakat di Kalimantan Tengah agar tidak membuat akun-akun tanpa identitas dan menggunakan media sosial secara bijak.

tribunkalteng.com/ faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved