Breaking News:

Internasional

Amerika Serikat Tutup Salah Satu Konsulat China, Alasannya Demi Keamanan Informasi Pribadi Warganya

Pemerintah Amerika Serikat menutup Konsulat Jenderal China di Houston untuk melindungi kekayaan intelektual dan informasi pribadi negeri Paman Sam.

Editor: Rahmadhani
Sputnik News
Presiden China Xi Jinping (kiri) dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump (kanan) 

TRIBUNKALTENG.COM - Pemerintah Amerika Serikat menutup Konsulat Jenderal China di Houston.

Departemen Luar Negeri Amerika Serikat (AS) mengatakan pada Rabu (22/7), penutupan Konsulat Jenderal China di Houston adalah untuk melindungi kekayaan intelektual dan informasi pribadi negeri Paman Sam.

Di sela-sela kunjungan Menteri Luar Negeri Mike Pompe di Kopenhagen, Denmark, juru bicara Departemen Luar Negeri AS Morgan Ortagus menyatakan, di bawah Konvensi Wina, negara-negara "memiliki kewajiban untuk tidak mencampuri urusan dalam negeri" negara penerima.

"AS tidak akan mentolerir pelanggaran China atas kedaulatan dan intimidasi mereka terhadap orang-orang kami, seperti halnya kami tidak mentolerir praktik perdagangan yang tidak adil RRC, pencurian pekerjaan Amerika, dan perilaku mengerikan lainnya," tegasnya.

"Kami telah mengarahkan penutupan Konsulat Jenderal RRC di Houston untuk melindungi kekayaan intelektual Amerika dan informasi pribadi Amerika," kata Ortagus tanpa memberikan perincian lebih lanjut seperti dikutip Channelnewsasia.com.

China sebelumnya mengumumkan pada Rabu (22/7), negaranya telah diperintahkan untuk menutup Konsulat Jenderal di Houston, yang dibuka pada 1979 silam, yang pertama pada tahun AS dan RRC menjalin hubungan diplomatik.

"China mendesak AS untuk segera menarik keputusannya yang salah, atau China pasti akan mengambil tanggapan yang layak dan perlu," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China Wang Wenbin seperti dilansir Channelnewsasia.com.

Langkah itu dilakukan ketika dua negara ekonomi terbesar di dunia tersebut saling berhadapan dalam banyak front, dari perdagangan hingga penanganan Beijing terhadap pandemi virus corona baru dan kebijakannya di Hong Kong, Xinjiang, dan Laut China Selatan.

Artikel ini sudah tayang di Kontan.co.id dengan judul Tutup Konsulat China, AS: Untuk lindungi kekayaan intelektual dan informasi kami

Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved