Berita Kalteng

Food Estate di Kalimantan Tengah Jadi Lumbung Padi Nasional, Gubernur Kalteng Gencar Sosialisasi

Program Food Estate yang akan dilaksanakan Pemerintah Pusat di Kabupaten Kapuas dan Pulangpisau, ternyata belum banyak dipahami masyarakat Kalteng.

istimewa
Lokasi program Food Estate di Kapuas dan Pulangpisau sudah tinjau Presiden Joko Widodo bersama Ara menterinya, sehingga akan dijalankan secara bertahap 

Editor: Syaiful Akhyar

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Program Food Estate yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Pusat di Kabupaten Kapuas dan Pulangpisau, Kalimantan Tengah, ternyata belum banyak dipahami oleh warga Bumi Tambun Bungai.

Sebab itu, sosialisasinya terus digencarkan oleh Pemprov Kalteng.

Salah satunya dengan melakukan siaran langsung melalui Stasiun Televisi Nasional Kompas TV pada program Talkshow " Polri Promotor" (Profesional, Modern, Terpercaya) yang diikuti oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Selain itu juga , Danrem 102/Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, dan Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng DR Andrie Elia Embang, bertempat di Aula Arya Dharma, Komplek Polda Kalteng, Palangkaraya, Selasa, 14 Juli 2020, siang.

94 Pengawas Pemilu Jalani Rapid Test, Tiga Anggota Bawaslu Palangkaraya Hasil Reaktif

Kapolda Kalteng Resmikan Laboratorium PCR RS Bhayangkara Palangkaraya, Tracing Makin Agresif

Banjir di Lamandau Kini Rendam Nanga Bulik, Ketinggian Air Sampai Plafon

Simpan Sabu, Warga Kotim Ini Ditangkap Petugas Satresnarkoba Polres Pulangpisau

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, mengatakan, banyak manfaat yang akan didapatkan Kalteng dalam pelaksanaan program tersebut, karena Kalteng akan menjadi lumbung padi nasional, Kalteng sudah ada petani maupun tenaga kerja dan pemilik lahan juga akan menerima manfaatnya," ujarnya.

Menurut Gubernur, Food Estate manfaatnya bagi Kalimantan Tengah dan masyarakatnya adalah menjadi lumbung pangan.

"Nantinya terdiri dari hortikultura dan sayur mayur yang mana areanya di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulangpisau," ujar Sugianto dalam siaran Kompas TV tersebut.

Program Food Estate merupakan Program Strategis Nasional Tahun 2020-2024 yang bertujuan untuk membangun Lumbung Pangan Nasional.

Pengembangannya berada di lahan seluas 165 ribu hektare, merupakan upaya mengantisipasi ancaman krisis pangan sebagai dampak pandemi Covid-19 yang mengintegrasikan bidang pertanian, perkebunan, dan peternakan dalam satu kawasan.

Diketahui juga bahwa kegiatan intensifikasi dilaksanakan awal tahun 2020 pada lahan seluas 30 ribu hektare, meliputi 20 ribu hektare di Kapubaten Kapuas dan 10 ribu hektare di Kabupaten Pulangpisau dengan membenahi varietas, pupuk, dan unsur hara agar mencapai produktivitas 7 ton.

(tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Syaiful Akhyar
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved