Breaking News:

Berita Lamandau

Banjir di Lamandau Kini Rendam Nanga Bulik, Ketinggian Air Sampai Plafon

Banjir di Lamandau Kalteng kini bergeser ke Kelurahan Nanga Bulik Kecamatan Bulik. Banjir sedemikian parah hingga menyentuh plafon warga

Istimewa/PKS Kalteng
Relawan PKS Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, saat membantu korban banjir di Kelurahan Nanga Bulik Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, LAMANDAU - Banjir hingga kini masih merendam wilayahKabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah.

Kini banjir yang awalnya terjadi di bagian hulu Sungai Lamandau, Rabu (15/7/2020) banjir berpindah ke Kecamatan Kota di Kelurahan Nanga Bulik, Kecamatan Bulik Ibu Kota Lamandau.

Ini, merupakan kondisi paling parah terjadi di kabupaten berbatasan dengan Kalimantan Barat.

Informasi dari warga setempat, air limpasan dari daerah hulu sudah masuk ke Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau.

14 Desa dan Dua Kelurahan di Kabupaten Lamandau Terendam, Relawan PKS Bantu Sembako Korban Banjir

Sampai Akhir Mei 2020 Bencana Banjir Mendominasi Nasional, Terjadi 532 Kali, Renggut 128 Nyawa

Peringatan Dini BMKG, Banjir Rob Landa Sebagian Wilayah Indonesia, Berikut Daftar Wilayahnya

Akibatnya, banjir yang terjadi saat ini merupakan kondisi sangat parah dibandingkan banjir beberapa tahun sebelumnya, ketinggian air mencapai 2 meter. Bahkan,a air hingga mencapai plafon rumah warga.

"Kami yang punya rumah di dataran agak tinggi, terpaksa membuat lantai dadakan untuk tidur dan menyelamatkan barang yang rentan rusak jika kena air. Untuk permukiman dataran rendah rumahnya tidak bisa dipakai lagi, sehingga terpaksa mengungsi ke penampungan yang disiapkan BPBD Lamandau," ujar Harus sala satu warga Lamandau yang rumahnya terendam.

Sementara itu, banjir yang melanda Kecamatan Kota di Kabupaten Lamandau ini, menjadi keprihatinan kalangan relawan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) setempat, yang tergerak membagikan konsumsi makanan dan minuman kepada warga yang membutuhkan langsung ke rumah warga terdampak.

Ketua PKS Kabupaten Lamandau, Karsidi kepada BPost, mengungkapkan, aksi peduli mereka dengan membagikan makanan siap saji kepada warga yang terdampak banjir di Kelurahan Nanga Bulik, Kecamatan Bulik Kabupaten Lamandau.

"Sampai saat ini masih ada warga yang membutuhkan bantuan makanan dan kebutuhan pokok karena rumah dan jalan disekitarnya tergenang air," ujarnya.

Kondisi ini menyebabkan warga kesulitan untuk memasak dan juga membeli kebutuhan harian untuk keluarga.

"Kami tersentuh untuk membantu para korban banjir yang masih bertahan di rumah dengan membangun lantai tambahan dibangun dadakan agar tidak terkena banjir," ujarnya.

Warga Sampit Waswas Banjir Datang Lagi dan Merendam Rumah

Relawan PKS Lamandau terus berupaya untuk membantu warga yang membutuhkan, terutama anak-anak dan orang tua yang menjadi prioritas.

Selain berkoordinasi dengan pihak BPBD Kabupaten Lamandau, menurut Karsidi, Relawan PKS secara langsung menyalurkan bantuan ke rumah-rumah warga agar bisa segera dimanfaatkan untuk kebutuhan warga. (banjarmasinpost.co.id / faturhaman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved