Breaking News:

Berita Kalteng

Kembangkan Food Estate di Eks PLG, PUPR Akan Rehabilitasi 28 Ribu Hektare Jaringan Irigasi

Kementerian PUPR akan mulai merehabilitasi jaringan irigasi seluas 28.000 ha di lahan food estate Kalimantan Tengah.

Humas Pemprov Kalteng
FOOD ESTATE-Pemerintah Pusat memprogramkan Pengembangan food estate pencetakan sawah baru di Kawasan Eks PLG Kapuas dan Pulangpisau untuk ketahanan pangan nasional. Menteri Syahrul Yasin Limpo saat mengunjungi lokasi pertanian di Pulangpisau 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID,  JAKARTA -  Pemerintah menargetkan akan mengembangkan lahan food estate di kawasan Eks Proyek Lahan Gambut (PLG) yang mencakup Kabupaten Kapuas dan Pulangpisau.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan, Kementerian PUPR akan mulai merehabilitasi jaringan irigasi seluas 28.000 ha di lahan food estate Kalimantan Tengah.

Menurut Basuki, rehabilitasi jaringan irigasi dilakukan tahun ini agar pengembangan lahan food estate yang ada bisa segera dilakukan.

"Kami akan siapkan ini untuk musim tanam Oktober-Maret (OKMAR). Kami memperbaiki salurannya, Kementan menyiapkan semuanya untuk bisa tanam di OKMAR," jelas  Basuki, Jumat (3/7/2020).

Kaltengpedia : Penginapan Unik di Tepi Sungai Kualakapuas Kalteng, Begini Guest House Kota Air

Wujudkan Food Estate di Eks Lahan PLG Kalteng, Tahap I Ini Pemerintah Siapkan Lahan 30.000 Hektare

Eks PLG Kalteng Seluas 164.598 Ha Jadi Food Estate, Uni Emirat Arab Siap Kerja Sama Hortikultura

Dia menerangkan, total area pengembangan food estate berkisar 165.000 ha.

Dari angka tersebut sekitar 85.000 ha yang sudah ditanami oleh petani setiap tahunnya, sedangkan sisanya menyemak karena tidak diolah.

Menurut Basuki, pihaknya akan melakukan perbaikan saluran irigasinya, mulai dari primer, sekunder, tersier hingga primer. Rencananya, desain rehabilitasi irigasi ini akan selesai tahun ini.

Setelah rehabilitasi jaringan irigasi selesai, Basuki pun mengatakan pengerjaan food estate akan dilanjutkan oleh Kementerian Pertanian, yang akan melakukan praktik-praktik pertanian, mulai dari penyiapan bibit hingga alsintan.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan hal yang sama.

Halaman
12
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved