Berita Kapuas

Pusat Siapkan Rp 6 Triliun untuk Food Estate Eks PLG Kapuas dan Pulangpisau

Pemerintah pusat menyiapkan anggaran Rp 6 triliun untuk pengembangan food estate di eks PLG Kapuas dan Pulangpisau

istimewa
Kedatangan, Menteri Koordinator Perekonomian dan Perdagangan , Airlangga Hartarto, Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil serta Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga didampingi Gubernur H Sugianto Sabran dan Kapolda Kalteng, Irjen Pol Dedi Prasetyo saat meninjau lokasi yang akan dijadikan kawasan food estate di Eks PLG Kapuas dan Pulangpisau, Kalteng, Sabtu (27/6/2020). 

Editor : Hari Widodo

TRIBUNKALTENG.COM, KAPUAS - Pemerintah pusat membuktikan keseriusannya dalam menggarap kawasan eks PLG di Kabupaten Pulangpisau dan Kapuas  dengan terus memantapkan rencana pengembangan lahan pertanian yang ada di Bumi Tambun Bungai tersebut.

Bahkan dalam pengembangan lahan pertanian untuk ketahanan pangan tersebut, pemerintah pusat telah menyiapkan anggaran hingga Rp 6 triliun untuk tiga tahun anggaran pengembangan kawasan yang sebelumnya di garap saat pemerintahan orde baru yang sempat gagal tersebut.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Menteri PUPR, Mochamad Basoeki Hadimoeljono sebelumnya telah berkunjung ke lokasi tersebut.

Mereka datang memantau lokasi lahan yang akan dibangun Food Estate. pada Hari Sabtu (27/6/2020) kemarin, giliran tiga pejabat pusat lagi datang ke Kalteng.

Wujudkan Food Estate di Eks Lahan PLG Kalteng, Tahap I Ini Pemerintah Siapkan Lahan 30.000 Hektare

Jembatan Tumbang Samba Kalteng Memudahkan Angkutan Food Estate

Kembangkan Food Estate di Eks PLG, Pemprov Kalteng Latih Pekerja Lokal Gunakan Alat Canggih

Mereka adalah Menteri Koordinator Perekonomian dan Perdagangan , Airlangga Hartarto, Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil serta Wakil Menteri Perdagangan RI Jerry Sambuaga yang bersama Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran meninjau lokasi yang akan dijadikan kawasan food estate tersebut.

Para menteri ini datang membawa misi masing-masing sesuai dengan bidangnya, untuk pengembangan kawasan eks PLG di Kapuas dan Pulangpisau sebagai kawasan pencetakan lahan baru untuk pengembangan pertanian dan ketahanan pangan nasional NKRI tersebut.

Menteri Koordinator Perekonomian dan Perdagangan, Airlangga Hartarto, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dana hingga Rp 6 triliun untuk proyek keseluruhan.

Untuk tahap pertama, akan dibangun irigasi pada 30 ribu hektare lahan yang akan digarap untuk pertanian.

Proyek Food Estate Kalteng Memerlukan 85.194 KK Pekerja

"Program ini baru dimulai kembali. Kami berharap produksi beras di Pulangpisau dan Kapuas tambah banyak,.Saya memantau untuk panen perhektare saat ini antara 6-8 ton, setelah diperluas lahannya lebih banyak lagi," ujar Katua Umum DPP Partai Golkar ini.

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, mengatakan, pihaknya siap untuk melaksanakan program pengembangan food estate di dua Kabupaten di Kalteng tersebut, dan meminta agar masyarakat lokal dilibatkan dalam pengembangan lahan pertanian tersebut, agar juga menjadi tuan rumah di kampung sendiri. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved