Berita Kalteng

Wujudkan Food Estate di Eks Lahan PLG Kalteng, Tahap I Ini Pemerintah Siapkan Lahan 30.000 Hektare

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan pembangunan food estate tahap I disiapkan 30 ribu hektare

dok/kemenko ekonomi
Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto ungkap rencana pengembangan food estate di Kalteng. 

Editor : Hari Widodo

 TRIBUNKALTENG.COM,  JAKARTA - Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian memastikan wilayah Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) akan dijadikan sebagai lokasi food estate.

Food estate sendiri merupakan suatu daerah yang ditetapkan sebagai lumbung pangan baru di Indonesia. 

Kepastian ini disampaikan  Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat berkunjung ke Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas.

Ia didampingi Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, dan pejabat lainnya. 

Jembatan Tumbang Samba Kalteng Memudahkan Angkutan Food Estate

Proyek Food Estate Kalteng Memerlukan 85.194 KK Pekerja

Eks PLG Kalteng Seluas 164.598 Ha Jadi Food Estate, Uni Emirat Arab Siap Kerja Sama Hortikultura

Dalam kunjungannya itu, Airlangga mengatakan, pada pembangunan food estate tahap pertama, pemerintah sudah mengalokasikan lahan seluas 30.000 hektare.

Presiden Joko Widodo, kata Airlangga, juga sudah sering melihat peta konsep food estate yang direncanakan menjadi pusat pangan terintegrasi. 

“Pemerintah sudah menganggarkan tahap awal sebesar 30.000 hektare di dua kecamatan dengan lokasi Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas. Hal ini diharapkan target pemerintah bisa meningkatkan produktivitas,” kata Airlangga dalam keterangan pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (27/6/2020). 

Setelah pembangunan tahap satu selesai, imbuhnya, pemerintah akan mendorong sekitar 110.000 hektare lahan untuk tahap kedua pada 2022 dan 2023.

"Pemerintah akan terus melakukan rehabilitasi di lokasi lebih dari 600.000 hektare yang akan menjadi kawasan food estate dan pertanian modern," jelasnya. 

500 Ribu Hektare Lahan di Kalteng Diproyeksi Jadi Food Estate, Apa Lagi Tuh?

Ketua Umum Partai Golkar ini juga akan mengajak sejumlah investor dan pemerintah untuk mempersiapkan wilayah tersebut menjadi kawasan ekonomi khusus. Airlangga berharap, dengan dukungan kuat masyarakat, program food estate di kawasan khusus itu bisa berhasil dijalankan. 

Adapun Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang turut mendampingi Airlangga juga meminta masyarakat lokal Kalteng dapat berperan aktif dalam program tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Bangun food estate tahap 1, pemerintah siapkan lahan 30.000 hektare

Editor: Hari Widodo
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved