Breaking News:

Berita Katingan

Pembangunan Jembatan Tumbang Samba Kalteng Selesai, Tinggal Peresmian Presiden Jokowi

Pembangunan Jembatan Tumbang Samba, menghubungkan Desa Telok dan Desa Samba Danum, di Kecamatan Katingan Tengah selesai dikerjakan

Penulis: Fathurahman | Editor: Hari Widodo
istimewa/humas pemprov kalteng
Pembangunan Jembatan Tumbang Samba, menghubungkan Desa Telok dan Desa Samba Danum, di Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, telah selesai dikerjakan. 

Editor : Hari Widodo

BANJARMASINPOST.CO.ID, KATINGAN - Pembangunan Jembatan Tumbang Samba, menghubungkan Desa Telok dan Desa Samba Danum, di Kecamatan Katingan Tengah, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, telah selesai dikerjakan.

Jembatan tersebut kini hanya tinggal menunggu peresmian yang rencananya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Meski belum diresmikan, warga katingan sudah bisa melalui jembatan penghubung antar desa yang nantinya juga akan menghubungkan antar Pulau Kalimantan tersebut.

Jembatan Tumbang Samba merupakan jembatan penghubung trans kalimantan poros tengah.

Lima Desa di Katingan Terendam, Pasar Tumbang Samba Lumpuh

KaltengPedia: Jembatan Pulau Telo Penghubung Antarkota Jalan Trans Kalimantan

"Kami bisa Selfi di Jembatan Tumbang Samba, karena sudah selesai pengerjaanya, dengan terbangunnya jembatan menyeberang Sungai Katingan tidak lagi menggunakan Kapal Feri penyeberangan," ujar Gofur warga Katingan, Selasa (23/6/2020).

Jembatan Tumbang Samba, dibangun sejak tahun 2017, memiliki panjang total 843,2 meter menjadi jembatan yang terpanjang di provinsi Kalimantan Tengah untuk lintas Trans Kalimantan porostengah.

Pembangunan jembatan menghabiskan dana dengan nilai kontrak tahun jamak sebesar Rp 298 miliar tuntas Bulan Maret 2020, motif jembatan juga ada muatan budaya lokal, sehingga tampak indah.

Informasi terhimpun, menyebut, rencananya jembatan tersebut akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, namun hingga saat ini belum dilakukan diperkirakan akibat Pandemi Covid-19, yang sampai saat ini belum juga berakhir, sehingga rencana peresmian tertunda.

KaltengPedia: Jembatan Kahayan, Penghubung Sejumlah Kabupaten di Kalteng

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran, mengaku bangga dan menyampaikan terimakasih kepada Presiden Joko Widodo dan pemerintah Pusat, karena Jembatan Tumbang Samba, sudah rampung dan sudah bisa dilalui warga Bumi Tambun Bungai yang telah lama mendambakan jembatan tersebut.

Sugianto, mengatakan, selain dapat membuka keterisolasian daerah, jembatan tersebut juga menjadi penggerak ekonomi kerakyatan khususnya di wilayah Kalteng dan Kalimantan, termasuk juga membantu konektifitas dalam meningkatkan ketahanan pangan nasional di Kalteng. (banjarmasinpost.co.id / faturhman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved