Breaking News:

Techno

Fitur Mirip 'Recycle Bin' di OS Android 11, Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

Ada pembaruan sistem operasi Android 11 versi beta yang telah dirilis Google.Fungsi fitur tersebut mirip dengan Recycle Bin di sistem operasi Windows.

CNET
Android 11 

TRIBUNKALTENG.COM, - Bagi pengguna ponsel Pixel ada pembaruan sistem operasi Android 11 versi beta yang telah dirilis Google minggu lalu.

Pada sistem operasi Android 11 ini, Google turut menghadirkan fitur baru yang akan menempatkan file di dalam folder "tempat sampah" khusus saat dihapus, sehingga bisa dipulihkan kembali apabila pengguna berubah pikiran.

Fungsi fitur tersebut mirip dengan Recycle Bin di sistem operasi Windows.

Lantas seperti apa bedanya, perbedaan ada tempat sampah Android 11 secara default tidak ditampilkan (hidden).

Tidak Semua Ponsel Android Bakal Bisa Akses WhatsApp per 1 Feberuari 2020, Ini Jenisnya

LINK LIVE STREAMING Gerhana Matahari Cincin GMC Sebentar Lagi, Ada Live bmkg.go.id/GMC di 21 Titik

Aplikasi-aplikasi Android yang memiliki akses editing terhadap trash nantinya bisa memperlihatkan file yang berada di dalamnya ke pengguna.

Berkas-berkas di dalam tempat sampah ini akan disimpan dan bisa di-recover selagi belum melewati batasan waktu.

"Item di trash secara otomatis akan dihapus oleh OS setelah 30 hari," ujar Android Product Manager Roxanna Aliabadi dalam sebuah video berisi penjelasan mengenai akses storage di Android 11.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari XDA Developers, Jumat (19/6/2020) Recycle Bin ala Android sebenarya sudah tersedia di Android 11 versi Developer Preview sebelumnya, tapi belakangan dimodifikasi oleh Google.

Pada Februari, seorang pengembang aplikasi bernama Yuriy Mysochenko sempat mengunggah gambar yang memperlihatkan cara kerjanya.

Dalam gambar tampak bahwa Android meminta konfirmasi kepada pengguna sebelum mengirim file ke folder trash. Ketika itu, batasan waktu penyimpanan file di dalam trash masih 7 hari, bukan 30 hari seperti pada Android 11 versi Beta.

Halaman
12
Editor: Nia Kurniawan
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved