Berita Palangkaraya

Siaga Karhutla, Atasi Kendala Komunikasi, Polda Kalteng Gandeng Telkomsel

Polda Kalteng dan TNI menggandeng PT Telkomsel bekerjasama menyiapkan simcard khusus Karhutla

polda kalteng
Personel Polda Kalteng dan TNI saat melakukan sosialisasi stop membakar lahan cegah kebakaran lahan hadapi musim kemarau di Kalteng. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Persiapan sejak dini dilakukan Polda Kalimantan Tengah dan Korem 102 Panju Panjung yang menyiagakan semua personelnya untuk bergerak cepat melaporkan kebakaran lahan maupun hutan.

Ini dilakukan, sebagai upaya agar bencana kabut asap di Kalimantan Tengah tahun 2015 lalu, tidak terulang.

Persiapan atau kesiapsiagaan dilakukan mulai saat ini.

Pantauan Jumat (19/6/2020), kebakaran lahan dan hutan belum tampak terjadi secara sporadis, meskipun sempat terjadi kebakaran lahan di Sampit beberapa hari lalu, namun sudah bisa ditanggulangi.

Meski begitu, semua personel TNI dan Polri pun disiagakan menjaga agar tidak ada lahan yang terbakar atau sengaja dibakar.

Kaltengpedia - Sejarah Berdirinya RSUD dr Murjani Sampit

Cara Mudah Belajar dari Rumah TVRI Online, Klik 4 Link Ini, Ada Sahabat Pelangi: Guruku Tersayang

Polda Kalteng bersama Korem 102/Panju Panjung telah menggelar Apel Kesiapsiagaan TNI-Polri Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) 2020 di Lapangan Mapolda Jalan Tjilik Riwut Km 1 Palangkaraya.

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan, personel dan alat kelengkapan sudah siap, saat ini pihaknya sudah menyiagakan semua personel.

"Sarana dan prasarana untuk menanggulangi Karhutla sudah siap, termasuk, melakukan sosialisasi kepada masyarakat, penegakan hukum sampai dengan alat yang diigunakan untuk memadamkan api," ujarnya.

Kapolda menjelaskan, alat yang digunakan untuk memadamkan api, ada yang manual dan ada yang menggunakan mesin maupun sepeda motor yang sudah dimodifikasi.

"Alat manual untuk memadamkan api dalam skala kecil. Sepeda motor modifikasi menjadi mesin penyemprot untuk memadamkan api di lahan yang tidak terjangkau dengan mobil pemadam kebakaran," ujarnya.

Polda Kalteng juga menyiapkan Command Center Karhutla dan Aplikasi Hanyaken Musuh, digunakan untuk memantau hotspot, menerima laporan masyarakat terkait Karhutla dan memantau posko-posko Kathutla yang ada di Polsek dan Polres jajaran serta bekerjasama dengan Telkomsel.

Selama ini, penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) kerap terkendala, salah satu kendala jaringan komunikasi.

Polda Kalteng dan TNI menggandeng PT Telkomsel bekerjasama menyiapkan simcard khusus Karhutla, yang mempunyai dua fungsi untuk menelpon dan bisa digunakan seperti handy talky (HT), pada saat tidak ada sinyal untuk telpon seluler.

tribunkalteng.com/ Faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved