Breaking News:

Wabah Virus Corona

Ini Daftar Wilayah Zona Hijau di Indonesia & Boleh Gelar Pembelajaran Tatap Muka, Kalteng?

Daerah harus masuk kategori Zona Hijau atau bebas Covid-19 (Virus Corona) jadi salah satu syarat diperbolehkannya sekolah menggelar pembelajaran tatap

BANJARMASINPOST.CO.ID/FATURAHMAN
Ilustrasi - Pelajar SMA di Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah dalam satu kegiatan belum lama tadi. 

EDITOR : Rahmadhani

TRIBUNKALTENG.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim sudah mengeluarkan panduan saat memasuki tahun ajaran baru 2020/2021.

Daerah harus masuk kategori Zona Hijau atau bebas Covid-19 (Virus Corona) jadi salah satu syarat diperbolehkannya sekolah menggelar pembelajaran tatap muka.

Meski begitu, dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut Nadiem ingatkan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Karena dalam situasi sekarang ini yang terpenting adalah kesehatan dan keselamatan murid, guru dan orang tua,” katanya dalam paparan digital, Senin (15/6).

Tahun Ajaran Baru Dimulai Juli 2020, Mendikbud : Tatap Muka Khusus Zona Hijau

MIN 1 Kapuas Selesai Gelar Ujian PAT Secara Online

Nadiem sebut, dari jumlah anak sekolah atau peserta didik yang ada di Indonesia, sekitar 94% ternyata berada di zona kuning, orange hingga merah.

Di zona tersebut, Nadiem memerintahkan kegiatan belajar di rumah saja. Sedangkan peserta didik yang berada di zona hijau cuma 6% saja. 

Menurut Ketua BNPB Doni Mordano, untuk menentukan suatu wilayah masuk kategori zona merah, oranye, kuning dan hijau ditentukan oleh 15 indikator utama. Mulai dari indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat dan indikator pelayanan kesehatan. 

“Setelah melihat panduan yang diberikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, maka kami mendukung menjalankan panduan tersebut dan untuk kegiatan tatap muka ada di zona hijau,” katanya dalam kesempatan yang sama.

Nah, dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 per tanggal 7 Juni 2020, terdapat 92 kabupaten-kotamadya yang masuk zona hijau, artinya tidak terdampak lagi virus corona.

Halaman
1234
Editor: Rahmadhani
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved