Breaking News:

Berita Palangkaraya

Siaga Karhutla, Pemerintah Kalteng Akan Bentuk Satgas hingga Kelurahan dan Desa

Pemerintah setempat sudah jauh-jauh hari melakukan kewaspadaan musim kemarau tahun ini.

kominfo kalteng
Rapat virtual membahas kesiapan Kalteng hadapi Musim Kemarau 2020 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Provinsi Kalimantan Tengah termasuk salah satu Provinsi di Indonesia yang rawan kebakaran lahan.

Lahan gambut banyak di Bumi Tambun Bungai, sehingga para pejabat dan warga setempat mulai mempersiapkan diri mencegah kebakaran lahan dan hutan.

Meski belum terpantau adanya kabut asap dampak kebakaran lahan dan hutan di Kalimantan Tengah, pemerintah setempat sudah jauh-jauh hari melakukan kewaspadaan musim kemarau tahun ini.

Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran, menggelar rapat virtual untuk kesiapan Kalimantan Tengah menghadapi musim kemarau.

Kerap Terjadi Lima Tahun Sekali, Kalteng Alami Kebakaran Hutan Cukup Parah

KUNCI Jawaban Materi Sahabat Pelangi: Senam Irama untuk Kelas 1-3 SD, Tayang di TVRI Hari Ini

Semua daerah dilibatkan dalam persiapan menghadapi musim kemarau ini.

Orang nomor satu di Kalteng ini, memimpin langsung Rapat Koordinasi Virtual Kesiapsiagaan Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah Kalteng Tahun 2020 bersama Forkopimda dan jajaran instansi terkait lainnya yang ada di Kalimantan Tengah.

Gubernur Sugianto, menyampaikan Pemerintah Kalteng bersama Pemerintah Daerah pada 14 Kabupaten dan Kota telah menandatangani komitmen bersama pencegahan, kesiapsiagaan dan penanganan darurat kebakaran hutan dan lahan untuk mewujudkan Kalteng Bebas Kabut Asap tahun 2020.

"Komitmen bersama ditandatangani pada Tahun 2019 lalu.

Sesuai dengan arahan Sekretaris Jenderal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) untuk antisipasi Karhutla pada 19 Mei 2020, pengendalian Karhutla Berbasis Tapak (KPH) dengan mengimplementasikan Resort Based Management KPH," ujar Sugianto.

Langkah strategis dan konret dalam pengendalian Karhutla yang diambil yakni Pemerintah Kabupaten dan Kota membentuk Satgas Pencegahan Karhutla sampai tingkat Kelurahan maupun Desa.

Satgas pencegahan Karhutla Kabupaten dan Kota memperkuat upaya pencegahan Karhutla di tingkat tapak diantaranya melakukan sosialisasi, diseminasi dan pendampingan PLTB, pelatihan dan patroli bersama.

"Selain itu, Pemerintah Kabupaten dan Kota menentukan status kesiagaan dan darurat Karhutla dengan cepat dan tepat," ujarnya.

tribunkalteng.com / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved