Tips Kecantikan

Cara Efektif Menghilangkan Kulit Ketiak Gelap, Penting Juga Kenali Penyebab Utamanya

Beragam faktor penyebab menjadikan seseorang memiliki kulit ketiak yang cenderung berwarna gelap dibanding bagian kulit lainnya.

Shutterstock
Ilustrasi - Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di IORA Dermatology Clinic, dr Edwin Tanihaha SpKK MHKes FKCCS menegaskan bahwa kulit ketiak yang sudah gelap masih bisa untuk diputihkan kembali. 

TRIBUNKALTENG.COM - Bagi sebagian orang, kulit ketiak yang menghitam dibanding kbagian kulit lainnya kerap dianggap mengganggu penampilan.

Beragam faktor penyebab menjadikan seseorang memiliki kulit ketiak yang cenderung berwarna gelap dibanding bagian kulit lainnya.

Beberapa faktor penyebab itu antara lain iritasi akibat mencukur bulu ketiak, penggunaan sabun antiseptik, jamur kulit, faktor hormonal kehamilan, penyakit achantosis nigricans, dan alergi atau iritasi akibat pemakaian deodoran.

Bisakah kulit yang sudah terlanjur berwarna gelap diputihkan kembali, dan bagaimana caranya?

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin di IORA Dermatology Clinic, dr Edwin Tanihaha SpKK MHKes FKCCS menegaskan bahwa kulit ketiak yang sudah gelap masih bisa untuk diputihkan kembali.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar kulit ketiak Anda kembali cerah.

Edwin menyebutkan hal utama yang penting Anda lakukan adalah mencari tahu penyebab utama kulit gelap yang terjadi pada ketiak Anda.

1. Iritasi atau alergi kulit

Jika penyebab kulit ketiak Anda semakin gelap adalah iritasi atau alergi. Maka, yang harus dilakukan yaitu mengobati dahulu iritasi atau alergi yang terjadi sampai sembuh.

"Lalu kita bisa pudarkan bercak gelapnya dengan zat pencerah," kata Edwin kepada Kompas.com, Rabu (3/6/2020).

Halaman
123
Editor: Rahmadhani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved