Pilkada Kalteng 2020

Isu Ketimpangan Pembangunan Mencuat Jelang Pilgub Kalteng, Gubernur & Wakil Kunker ke DAS Barito

Jelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah suasana Bumi Tambun Bungai menghangat dengan beredarnya

Isu Ketimpangan Pembangunan Mencuat Jelang Pilgub Kalteng, Gubernur & Wakil Kunker ke DAS Barito
Humas Pemprov Kalteng
Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran saat meresmikan Jembatan Sei Ayuh dan Jembatan Bahalang Bangkuang, Barito Selatan, Kalteng. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Jelang pelaksanaan pesta demokrasi Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah suasana Bumi Tambun Bungai menghangat dengan beredarnya kabar terjadi ketimpangan pembangunan antar wilayah setempat.

Sejak dimulainya tahapan-tahapan pelaksanaan Pilgub Kalteng, isu yang santer berhembus di kalangab masyarakat Kalteng menyangkut ketertinggalan pembangunan di empat kabupaten yang ada di Daerah Aliran Sungai Barito yang meliputi, Murungraya, Barito Selatan, Barito Timur dan Barito Utara.

Muncul anggapan dari warga barito pembangunan infrastruktur di DAS Barito masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan pembangunan di kawasan barat Kalteng seperti di wilayah Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat dan sekitarnya "Kami ingin jalan dan jembatan juga sarana pendukung fisik lainnya di Kabupaten DAS Barito ini bisa ditingkatkan, agar bisa lebih maju lagi," ujar H Agus Salim warga Buntok, Barito Selatan, Minggu (26/1/2019).

Hasil Liga Spanyol - Barcelona Bertekuk Lutut di Markas Valencia, Maxi Gomez Bikin Messi Mandul

Betapa tidak, jika di Sampit maupun Pangkalanbun saat ini sudah ada hotel berbintang dan jalannya pun terbilang bagus-bagus dan mulus serta sarana lainnya pun sangat bagus sejak lama, sedangkan kawasan DAS barito yang selama ini dikenal penghasil batu bara masih jauh tertinggal.

Gubernur Kalimantan Tengah H Sugianto Sabran, saat melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke DAS Barito, menepis anggapan yang menyebut, pembangunan di Kalimantan Tengah timpang, karena Pemerintah Provinsi Kalteng selama ini terkesan lebih membangun ke arah Barat.

"Saya ini Gubernur Kalimantan milik semua warga Kalteng. Saya melanjutkan kepemimpinan dari gubernur sebelumnya. Bagi saya yang dianggap positif dilanjutkan programnya.Pembangunan yang yang dilakukan cukup merata daerah barat maupun DAS Barito ini. Tidak ada pembedaan dalam membangun Kalteng, semua daerah harus dibangun dengan baik," ujarnya. banjarmasinpost.co / faturahman

Jembatan Penghubung Antar Kabupaten Diresmikan

WARGA Barito Selatan dan Barito Utara juga Barito Timur, Kalimantan Tengah, menyambut baik dengan diresmikannya jembatan Sei Ayuh dan Jembatan Bahalang Bangkuang, karena jadi penghubung antara Palangkaraya menuju Barito Selatan hingga ke Barito Utara dan Barito Timur.

Bagi warga Barito Selatan pembangunan dua jembatan tersebut sangat memudahkan warga setempat untuk bepergian ke Palangkaraya maupun ke Barito Utara dan Barito Timur, bisa memperpendek jarak tempuh hingga satu jam karena bisa menjadi jalan alternstif untuk ke Palangkaraya maupun ke Barut.

Jembatan tersebut sebelumnya hanyalah jembatan yang terbuat dari bahan kayu semata, sedangkan lalulintas kendaraan yang melewat jembatan cukup padat sehingga oleh Bupati Barito Selatan meminta agar jembatan dibangun dengan konstruksi baja.

Dengan adanya Pembangunan jembatan tersebut, tentu sangat dirasakan baik oleh warga setempat."Tidak ada ketimbangan dalam pembangunan kami terus membangun inftrastruktur di sejumlah kabupaten yang ada di DAS daerah aliran sungai (DAS) Barito ini," ujar Gubernur Sugianto.

(banjarmasinpost.co / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved