Pilkada Kalteng 2020

Bawaslu Surati Gubernur Kalteng Larang Ganti Pejabat Jelang Pilgub Kalteng 2020

Pelaksanaan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng sudah semakin dekat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) makin ketat melakukan pengawasan

Bawaslu Surati Gubernur Kalteng Larang Ganti Pejabat Jelang Pilgub Kalteng 2020
Istimewa
Ketua Bawaslu Kalteng, Satriadi. 

TRIBUNKALTENG.COM, PAPANGKARAYA - Pelaksanaan Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Kalteng sudah semakin dekat, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) makin ketat melakukan pengawasan, sehingga menyurati Gubernur Kalteng untuk tidak melakukan rotasi Jabatan Jelang Pilgub Kalteng.

Sebagaimana diketahui, Calon Petahana Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran dan Wakilnya Habib Ismail, dikabarkan akan ikut kembali mencalonkan dalam Pilgub Kalteng mendatang, sehingga turut menjadi perhatian serius Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalteng dengan mengingatkan agar mentaati ketentuan yang berlaku dalam Pilkada.

Memasuki tahun 2020 merupakan tahun Pilkada serentak, dan Provinsi Kalimantan Tengah akan melaksanakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Tengah mengingatkan kepada Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah untuk tidak melakukan penggantian/ mutasi Jabatan dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah.

MURKA Nikita Mirzani pada Andhika Pratama, Nyai Kesal Suami Ussy Sulistyowati Ganggu Nihkita Kepo

Waspada Luapan Air, Kapolsek Bukitbatu Palangkaraya Pantau Debit Sungai Rungan Kalteng

Marah pada Anak Sebabkan 11 Dampak Fatal, Ayah dan Bunda Sebaiknya Berhati-hati

Kepada BPost, Ketua Bawaslu Kalteng, Satriadi, Selasa (7/1/2020) menegaskan, dia hanya menjalankan aturan yang berlaku dalam Pilkada sehingga ketentuan tersebut dilaksanakannya dengan mengingatkan kepala daerah yang maju dalam Pilgub Kalteng mendatang.

“Ini pencegahan saja, kami telah menyurati Gubernur Kalteng untuk tidak melakukan Penggantian atau mutasi Jabatan dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, sejak tanggal 8 Januari 2020," kata Ketua Bawaslu Provinsi Kalimatan Tengah, Satriadi.

Berdasarkan Undang-undang No.10/2016 tentang Perubahan kedua atas Undang-undang No.1/2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang No.1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-Undang, pada pasal 71 ayat (2).

Secara tegas, menyebutkan, Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota dilarang melakukan penggantian pejabat 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan akhir masa jabatan kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Menteri”.

Selanjutnya, pada ayat (3) menyebutkan , Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota dilarang menggunakan kewenangan, program, dan kegiatan yang menguntungkan atau merugikan salah satu pasangan calon.

"Ini berlaku di daerah sendiri maupun di daerah lain dalam waktu 6 (enam) bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai dengan penetapan pasangan calon terpilih," ujarnya.

Sekiranya ketentuan tersebut diatas dilanggar. Satriadi, menegaskan, akan ada sanksi. Tak tanggung-tanggung, sanksinya hingga pada pembatalan sebagai calon atau kontestam Pilkada yang dilakukan oleh KPU Provnsi.

Ini, diatur dalam ayat (5), Gubernur atau Wakil Gubernur, Bupati atau Wakil Bupati, dan Walikota atau Wakil Walikota selaku petahana melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dan ayat (3) petahana tersebut dikenai sanksi pembatalan sebagai calon oleh KPU Provinsi atau KPU Kabupaten/Kota.“Penetapan pasangan calon peserta Pemilihan tahun 2020 yaitu pada tanggal 8 Juli 2020, maka jika dihitung mundur 6 (enam) bulan jatuhnya pada tanggal 8 Januari 2020,” jelas Satriadi.

Bawaslu Kalteng,membuka Posko pengaduan terkait dengan Penggantian/Mutasi Jabatan dilingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, dan semua laporan yang masuk akan ditinakklanjuti sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku dalam Pilkada.

(TRIBUNKALTENG.COM/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved