Breaking News:

KaltengPedia

KaltengPedia: Di Danau Tahai Kota Palangkaraya Kalteng Ini Kamu Bisa Lihat Orangutan, Pokoknya Seru!

Danau Tahai adalah tempat wisata yang alami di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Danau Tahai berada di Jalan Tjilik Riwut

Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Sejumlah pengunjung memadati kawasan wisata Danau Tahai di Palangkaraya. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Danau Tahai adalah tempat wisata yang alami di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Danau Tahai berada di Jalan Tjilik Riwut km 29 arah Palangkaraya menuju Kasongan, Kabupaten Katingan.

Danau Tahai merupakan salah satu obyek wisata alam andalan masyarakat Kota Palangkaraya. Jarak tempuh dari pusat Kota kurang lebih 29 km arah Tangkiling dengan memakan waktu sekitar 30 menit.

Sampai di kilometer tersebut, akan ada pintu gerbang sebelah kanan japan bertuliskan wisata danau tahai. Lokasi danau ini memang sedikit agak masuk ke dalam, tepatnya sekitar 3 km dari pinggir jalan raya.

Wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum, pengunjung juga dapat menuju lokasi dengan menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Aksesnya memang sangat mudah karena jalan menuju objek wisata ini sudah beraspal dan cukup bagus.

KaltengPedia: Masjid Wahyu Al-Hadi Sampit, Diresmikan 2004 Oleh Sejumlah Dai

KaltengPedia: Pelabuhan Segintung di Seruyan, Pelabuhan Angkutan Barang

KaltengPedia: Jembatan Pulau Telo Penghubung Antarkota Jalan Trans Kalimantan

Bagian muka masuk kawasan ini, adalah di perkemahan pramuka yang dibangun oleh Pemko Palangkaraya untuk melaksanakan berbagai kegiatan pramuka, sehingga pada bagian kanan jalan memasuki kawasan menuju danau tersebut akan ada lapangan untuk kegiatan pramuka.

Danau Tahai adalah wisata danau yang dirancang untuk wisata. Kabarnya, Danau Tahai ini terbentuk karena akumulasi genangan air di lokasi penambangan pasir dan adanya perubahan aliran Sungai Kahayan.

KaltengPedia : Yayasan BOSF Palangkaraya Selamatkan Orangutan

Orangutan di kawasan rehabilitasi yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) tak jauh dari Danau Tahai, Palangkaraya.
Orangutan di kawasan rehabilitasi yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) tak jauh dari Danau Tahai, Palangkaraya. (Yayasan BOS)

Dikawasan ini ada rumah lanting, ditambah lagi panorama pohon-pohon rindang disekitar danau dan pendopo-pendopo tempat beristirahat.

Fasilitas yang dapat digunakan atau disewa, seperti sepeda angsa, perahu dayung, tempat karaoke, rumah makan, musholla, lahan parkir yang memadai dilengkapi pos keamanan dan bagi para pengunjung yang ingin menginap.

Danau Tahai, hanya berjarak sekitar 1 km dari Danau Tahai ini terdapat pusat rehabilitasi Orang Utan Nyaru Menteng.

Pusat Rehabilitasi milik Yayasan BOSF (Borneo Orangutan Survival Foundation), sehingga pengunjung bisa menikmati orangutan bergelantungan di pohon. (tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved