Berita Palangkaraya

9 Tahun Pembangunan Masjid Kubah Kecubung Belum Rampung, Mengandalkan Dana Gotong Royong

Sejak peletakkan batu, pertama 18 Juni 2011 oleh Menteri Agama Surya Dharma Ali, Masjid Kubah Kecubung yang terletak di Jalan RTA Milono

9 Tahun Pembangunan Masjid Kubah Kecubung Belum Rampung, Mengandalkan Dana Gotong Royong
Banjarmasinpost.co.id/Faturahman
Masjid Kubah Kecubung Jalan RTA Milono km 4,5 Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Sejak peletakkan batu, pertama 18 Juni 2011 oleh Menteri Agama Surya Dharma Ali, Masjid Kubah Kecubung yang terletak di Jalan RTA Milono km 4,5 Palangkaraya, hingga, saat ini pembangunannya belum juga rampung.

Meskipun, awalnya direncanakan pembangunan masjid megah yang letaknya sangat strategis berada di kawasan Bundaran Burung yang merupakan pertemuan jalan arah Bandara Tjilik Riwut dan jalan darat Trans Kalimantan arah Banjarmasin, Kalsel, ini awalnya rampung tahun 2018.

Namun hingga, saat ini, pembangunanya terhenti, meskipun bangunan tersebut sempat digunakan untuk sarana tablig akbar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dihadiri puluhan ribu jemaah, dengan mendatangkan penceramah Karismatik Guru Danau dari Kalimantan Selatan, yang juga dilaksanakan di masjid yang belum tuntas pembangunanya tersebut.

Awal Pembangunan Masjid tersebut, dimulai saat Wali Kota Palangkaraya, HM Riban Satia yang memimpin Kota Palangkaraya dengan rencana anggaran keseluruhan untuk membangun Masjid Kubah Kecubung mencapai Rp160 miliar, merupakan estimasi awal saat pencanangan tiang pertama oleh Menteri Agama RI, sembilan tahun lalu.

VIRAL Video Kemarahan Anak, Seret Jenazah Ayahnya dari Peti Mati Lalu Menampar Wajah yang Kaku

Inilah Ritual Dayak Kalimantan Tengah di Pergantian Tahun, Dipercaya Menghindarkan Diri Bala Bencana

80 Ucapan Selamat Tahun Baru 2020, Kata-kata Mutiara untuk Update Status IG, FB & WA Happy New Year!

Warga Palangkaraya, berharap agar pembangunan masjid kubah kecubung tersebut bisa segera di tuntaskan, agar bisa dipakai jemaah untuk melakukan kegiatan peribadatan dalam masjid kebanggaan ummat muslim Palangkaraya yang telah lama menunggu. "Kami mengharapkan penyelesaiannya secepatnya, agar bisa dipakai," ujar Miftah salah seorang jemaah masjid tersebut, Rabu (1/1/2020).

Sementara itu, Wali Kota Palangkaraya, Fairid Naparin, menegaskan, Pemerintah Kota Palangkaraya akan terus melanjutkan pembangunan masjid tersebut, hingga tuntas namun dengan dana yang diberikan secara bertahap dan bahan yang disediakan juga yang baik."Kami akan membantu pembangunan masjid ini, meneruskan program pembangunan yang diawali oleh Wali Kota sebelumnya," ujarnya.

H Zainal Ariffin, Pengurus Masjid Kubah Kecubung Palangkaraya.
H Zainal Ariffin, Pengurus Masjid Kubah Kecubung Palangkaraya. (Banjarmasinpost.co.id/Faturahman)

Tahun 2020 Pemko Janjikan Gelontor Rp30 M

SALAH satu unsur pengurus Masjid Kubah Kecubung, Palangkaraya, H Zainal Ariffin, Rabu (1/1/2020) membenarkan, Wali Kota Palangkaraya, Fairid Naparin, menjanjikan akan membantu pembangunan Masjid Kubah Kecubung tersebut.

Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Palangkaraya yang baru terpilih untuk kali ketiga periode ini, Wali Kota Palangkaraya menjanjikan tahun 2020 ini akan digelontor dana hingga Rp30 miliar untuk melanjutkan pembangunanya.

Ketegaskan Wali Kota Palangkaraya, Fairid Naparin, dalam membantu dana untuk penyelesaian masjid tersebut, sebelumnya juga diungkapkan saat pelaksanaan Tablig Akbar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselengga di masjid kubah kecubung beberapa waktu lalu.

"Ya, tahun ini pembangunannya akan dilanjutkan, karena ada kucuran dana dari Pemko Palangkaraya sebesar Rp30 miliar, dan bahan bangunan yang dipakai untuk masjid juga kualitasnya yang sangat bagus, sehingga meski pembangunanya lambat tetapi kualitas bangunan sangat baik," ujarnya lagi.

Lebih jauh dia mengatakan, target penyelesaian Masjid Kubah Kecubung secara keseluruhan akan dituntasakan hingga tahun 2021 atau tahun depan. "Kami juga sudah berunding dengan Pak Wali Kota yang menargetkan penyelesaian Masjid akan tuntas tahun 2021 mendatang," ujarnya.

(TRIBUNKALTENG.COM/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved