Kabar Palangkaraya

Kayu Olahan Tanpa Pemilik Dimusnahkan, Diduga Hasil Perambahan TN Sebangau

“Kami mencari pemilik kayu yang telah diolah menjadi papan dan balokan tersebut, tidak ada yang mau memberi tahu pemilik kayu tersebut," ujarnya.

Kayu Olahan Tanpa Pemilik Dimusnahkan, Diduga Hasil Perambahan TN Sebangau
Polsek Bukitbatu
Polisi dan petugas dari TN Sebangau saat menyambangi lokasi tumpukkan kayu diduga hasil perambahan hutan TN Sebangau. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Diduga hasil perambahan hutan di kawasan Taman Nasional (TN) Sebangau, wilayah Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah, sejumlah kayu olahan tanpa pemilik dimusnahkan aparat dengan cara dipotong-potong.

Beberapa warga yang tinggal di sekitar kawasan Taman Nasional Sebangau, wilayah Palangkaraya,menemukan tumpukan kayu masak tanpa tuan yang dibiarkan di pinggiran hutan diduga hasil tebangan kawasan TN Sebangau.

Kayu tersebut, sempat beberapa hari dibiarkan di satu lokasi di sekitar kawasan TN Sebangau sehingga akhirnya oleh tim patroli Bukitbatu bersama pengawas TN Sebangau menemukannya dan menjadikannya tidak ekonomi, agar tidak bisa diperjualbelikan.

Polsek Bukitbatu bersama Balai Taman Nasional Sabangau melakukan pemotongan kayu yang diduga hasil perambahan di area Taman Nasional dan hingga Jumat (13/12/2019) kayu sudah dalam keadaan terpotong-potong, agar tidak bisa diperjualbelikan.

Dua Warga Banjarmasin Ini Ditangkap Saat Bawa Kayu Ilegal di Kapuas

Luntur Kolesterol dengan Obat Alami: Campur Jahe, Bawang putih, dan Madu

Ramalan Zodiak Cinta Jumat 13 Desember 2019: Leo Berurusan dengan Mantan, Taurus Awas Ditikung!

Kanit Reskrim Polsek Bukitbatu Aiptu Narko, mengatakan, penemuan tumpukkan kayu tersebut setelah adanya laporan dari Petugas Balai Taman Nasional Sabangau (TNS) yang mendapat informasi dari masyarakat , adanya tumpukkan kayu tanpa tuan tersebut.

Kemudian, polsek dan petugas TN Sebangau berkoordinasi ke TKP melakukan patroli di sekitar kawasan TNS dan benar di temukan tumpukan kayu olahan yang di duga hasil penebangan liar di dalam kawasan TN Sebangau tersebut.

“Kami mencari pemilik kayu yang telah diolah menjadi papan dan balokan tersebut, tidak ada yang mau memberi tahu pemilik kayu tersebut," ujarnya.

Petugas dari Taman Nasional Sebangau, Yunus, mengatakan, kayu tersebut dimusnahkan dengan cara dipotong-potong agar tidak ekonomis lagi, sehingga tidak bisa diperjualbelikan, karena dicari-cari ternyata pemiliknya tidak ada dan tidak ada yang mau mengaku sebagai pemiliknya.

Taman Nasional Sabangau merupakan salah satu Taman Nasional yang terletak di Kalimantan Tengah yang posisinya berada di antara Sungai Sebangau dan Sungai Katingan, sehingga kawasan ini mencakup Kabupaten Katingan, Kota Palangkaraya dan Kabupaten Pulangpisau.

(Tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved