Bisnis dan Ekonomi

Event Budaya dan Wisata Pacu Peningkatan Hunian Hotel Berbintang di Kalteng

Bergairahnya warga luar Kalteng berkunjung seiring meningkatnya penerbangan di Kalimantan Tengah lantaran harga tiket yang terjangkau.

Event Budaya dan Wisata Pacu Peningkatan Hunian Hotel Berbintang di Kalteng
tribunkalteng.com/fathurahman
TN Sebangau, merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di Kalteng. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Kegiatan wisata seperti Festival Budaya Isen Mulang dan pengelolaan objek wisata yang banyak terdapat orangutan menjadi daya tarik datangnya warga luar Kalteng dan menginap di hotel berbintang.

Bergairahnya warga luar Kalteng berkunjung seiring meningkatnya penerbangan di Kalimantan Tengah lantaran harga tiket yang terjangkau.

Hal itu diduga menjadi pemicu naiknya jumlah tamu hotel berbintang di Palangkaraya.

Beberapa tamu hotel berbintang, mengatakan, lebih suka menginap di hotel tersebut, karena ingin melihat objek wisata yang ada di Kalteng, khususnya wisata alam terutama taman nasional yang ada di Kalteng, seperti Tanjung Puting.

Ibu yang Emosi Ini Seret Anaknya Seperti Boneka, Gara-gara Hal Sepele

Ramalan Zodiak Kamis 5 Desember 2019: Kemarahan Virgo Meledak, Aquarius Isi Energi, Leo Bertahan

Detik-detik Pembongkaran Sarang Kobra di Makam, Ular Kerap Masuk Rumah Warga

"Di sini banyak terdapat orangutan, kami ingin lihat lewat kapal susur sungai. Di Palangkaraya juga ada tempat habitat orangutan, demikian juga di Pangkalanbun, Kabupaten Kobar. Mumpung, tiket pesawat juga mulai normal seperti dulu lagi," kaa Syafrizal, salah seorang tamu hotel berbintang di Palangkaraya, Kamis (5/12/2019).

Sementara itu,General Manajer (GM) M Bahalap Hotel, Hari Saptadi, mengatakan, tamu hotel yang datang selama ini memang salah satunya ingin berkunjung ke objek wisata seperti Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP), Taman Nasional Sebangau, atau ingin melihat event festival budaya di Kalteng.

Sementara itu, informasi dari Badan Pusat Statistik Kalteng, jumlah tamu yang menginap di hotel bintang naik 16,25 persen, dari 22.455 orang pada Bulan September 2019, menjadi 26.105 orang Bulan Oktober 2019.

Secara kumulatif, jumlah tamu yang menginap di hotel bintang naik 4,20 persen, dari 225.809 orang (Januari-Oktober 2018) menjadi 235.290 orang (Januari-Oktober 2019).

Sebaliknya, jumlah tamu pada hotel non bintang turun 8,66 persen, dari 604.003 orang (Januari-Oktober 2018) menjadi 551.691 orang (Januari-Oktober 2019). (Tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved