Satu Tersangka Buron Kerusuhan Wamena Tertangkap, Masih Ada 3 DPO

YA selama ini merupakan salah satu dari empat tersangka kerusuhan Wamena yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Satu Tersangka Buron Kerusuhan Wamena Tertangkap, Masih Ada 3 DPO
AFP/VINA RUMBEWAS
Kondisi saat sebuah bangunan terbakar menyusul aksi berujung ricuh di Wamena, Papua, Senin (23/9/2019). Demonstran bersikap anarkistis hingga membakar rumah warga, kantor pemerintah, dan beberapa kios masyarakat pada aksi berujung ricuh yang diduga dipicu kabar hoaks tentang seorang guru yang mengeluarkan kata-kara rasis di sekolah. 

TRIBUNKALTENG.COM, JAYAPURA - Seorang tersangka kasus kerusuhan Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua, berinisial YA (45), diamankan aparat kepolisian.

YA selama ini merupakan salah satu dari empat tersangka kerusuhan Wamena yang masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

"Jumat (1/11) pukul 03.50 WIT bertempat di Kampung Ninabua, Distrik Asolokobal, personel gabungan berhasil mengamankan salah satu DPO kasus kerusuhan di Kota Wamena berinisial YA," ujar Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal, melalui rilis, Jumat.

Ia memaparkan, dalam penangkapan itu polisi menembak tersangka.

"Pada saat akan dibawa ke kendaraan, tersangka berusaha melarikan diri dengan melawan petugas sehingga petugas memberikan tindakan tegas terukur dengan tembakan untuk melumpuhkan tersangka," tutur Kamal.

Rusuh di Wamena, Dandim Jayawijaya Sebut Ada Orang Bawa Senjata di Tengah Demo Siswa SMA

Insiden Jupe dan Kartu Merah Wanggai, Gubernur Sugianto Ikut Turun ke Lapangan Protes Wasit

Terungkap Fakta di Balik Video Kuburan Keluarkan Api, Siksa Kubur?

Dari tangan tersangka, polisi menyita dua handphone, serta rambut palsu dan baju hitam, yang diduga digunakan saat memimpin massa di Wouma.

Kamal mengingkapkan, dari hasil pemeriksaan awal terhadap tersangka, diketahui YA merupakan Kepala Kampung Ninabua, yang diduga memimpin massa sekitar 250 orang untuk membakar bangunan dan menganiaya warga, yang mengakibatkan korban meninggal dunia.

Dengan tertangkapnya YA, saat ini tersangka kasus kerusuhan Wamena yang masih DPO sebanyak tiga orang, yakni HW (22), BA (21), dan PW (21).

Total tersangka kasus kerusuhan Wamena adalah 21 orang, 18 orang di antaranya kini ditahan di Mapolres Jayawijaya. (kps)

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Jateng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved