Kabar Dunia

Umumkan Kematian Abu Bakar al-Baghdadi, ISIS Sebut Penggantinya Sosok Menjanjikan Dunia Jihad

Penunjukan itu setelah mereka mengumumkan kematian pemimpin mereka, Abu Bakar al-Baghdadi, sekaligus menyatakan penerus yang baru tersebut.

Umumkan Kematian Abu Bakar al-Baghdadi, ISIS Sebut Penggantinya Sosok Menjanjikan Dunia Jihad
AFP/SOURCES/-
Dalam foto yang diduga diambil pada 30 April 2019 oleh media Al-Furqan menunjukkan Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi muncul pertama kalinya dalam lima tahun sejak dia mendeklarasikan kekhalifahan pada 2014. 

TRIBUNKALTENG.COM, DAMASKUS - Kelompok ISIS menunjuk Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi sebagai orang nomor satu mereka saat ini.

Penunjukan itu setelah mereka mengumumkan kematian pemimpin mereka, Abu Bakar al-Baghdadi, sekaligus menyatakan penerus yang baru tersebut.

"Kami berkabung untukmu, komandan dari orang-orang yang beriman," ujar Hashimi yang juga bertindak sebagai juru bicara ISIS seperti terangkum dalam rekaman audio yang dirilis di Telegram.

Abu Bakar al-Baghdadi yang mengumumkan "kekhalifahan" pada 2014, tewas bunuh diri ketika diserang pasukan khusus AS akhir pekan lalu.

Kelompok itu juga mengakui kematian juru bicara mereka, Abu Hassan al-Muhajir, dalam serangan yang terjadi sehari setelah Baghdadi.

Lokasi Dirahasiakan, AS Sebut Kuburk an Jenazah Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi di Laut

Liga Italia, AC Milan Vs SPAL Berakhir dengan Skor 1-0, Suso Bawa Kemenangan untuk Stefano Pioli

Kian Ramai, Tradisi Warga Mandi Safar di Sungai Mentaya Sampit untuk Bersihkan Diri dari Hal Ini

Dilansir AFP Kamis (31/10/2019), ISIS menyatakan lembaga legislatif dan konsultatitf mereka langsung bersidang setelah Baghdadi tewas.

Diberitakan BBC, tidak banyak yang diketahui dari Hashimi. Sumber dari pihak keamanan menduga nama itu merupakan nama samaran.

ISIS juga tidak memberi penjelasan terkait pemimpin baru itu. Mereka hanya menerangkan bahwa Hashimi merupakan "sosok menjanjikan di dunia jihad".

Pernyataan itu juga menyebut bahwa Hashimi merupakan pejuang jihad veteran yang pernah bertarung melawan Amerika Serikat (AS) di masa lalu.

Dengan nama "al-Quraishi", kelompok tersebut berusaha menegaskan bahwa dia berasal dari suku Quraish, kualifikasi utama menjadi khalifah.

Halaman
123
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved