Uniknya Tradisi Mandi Safar di Sampit

Kian Ramai, Tradisi Warga Mandi Safar di Sungai Mentaya Sampit untuk Bersihkan Diri dari Ini

Bahkan, saat ini tradisi mandi safar tersebut semakin ramai dilakukan hampir disepanjang sungai, namun terfokus di sekitar Taman Patung

Kian Ramai, Tradisi Warga Mandi Safar di Sungai Mentaya Sampit untuk Bersihkan Diri dari Ini
Tribunkalteng.com/ Faturahman
Warga Kotim mengikuti tradisi Mandi Safar di Sungai Mentaya. 

TRIBUNKALTENG.COM, SAMPIT - Dalam setiap tahun pada bulan Safar, sebagian warga Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah terutama yang beragama islam selalu melakukan ritual menceburkan diri di Sungai Mentaya.

Tradisi ini dilakukan sejak lama secara turun-temurun. Bahkan, saat ini tradisi mandi safar tersebut semakin ramai dilakukan hampir disepanjang sungai, namun terfokus di sekitar Taman Patung Ikan Jelawat.

Tradisi tersebut, masih awet dilakukan, oleh masyarakat Sampit, Kotawaringin Timur, bahkan sudah menjadi agenda tahunan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Keutamaan Bulan Safar 1441 H, Perbanyak Pahala Dengan 7 Amalan Sesuai Anjuran Rasulullah SAW

Liga Italia, AC Milan Vs SPAL Berakhir dengan Skor 1-0, Suso Bawa Kemenangan untuk Stefano Pioli

Ramalan Zodiak Jumat 1 November 2019: Aries Percaya Suara Hati, Capricorn Saldo Menipis Tuh!

Acara yang digelar di area Ikon Ikan Patung Jelawat, Pelabuhan Habaring Hurung Sampit dan Sungai Mentaya tersebut biasanya dilakukan mulai siang dibuka oleh Bupati dan sejumlah pejabat Pemkab Kotim lainnya.

Mandi Safar merupakan tradisi budaya yang sudah ada sejak dulu. Tradisi ini mandi bercebur di Sungai Mentaya sebagai simbol membersihkan diri sekaligus harapan agar diri bersih dan terhindar dari hal-hal yang tidak baik.Tradisi Mandi Safar biasanya dilaksanakan pada Rabu terakhir di bulan Safar.

(Tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved