Kabar Dunia

Amerika Rilis Foto Penyerbuan Abu Bakar al-Baghdadi, Pemimpin ISIS Ledakkan Diri

Amerika Serikat merilis foto dan video bukti penyerbuan pasukan khusus yang menewaskan Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi pekan lalu.

Amerika Rilis Foto Penyerbuan Abu Bakar al-Baghdadi, Pemimpin ISIS Ledakkan Diri
specs ops magazine
Ilustrasi Pasukan Delta Force, kesatuan elit Angkatan Darat Amerika yang membunuh pimpinan ISIS, Abu Bakr Al-Baghdadi. 

TRIBUNKALTENG.COM - Amerika Serikat merilis foto dan video bukti penyerbuan pasukan khusus yang menewaskan Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi pekan lalu.

Dalam foto dan bukti yang dipaparkan, komandan komando khusus juga membeberkan sejumlah detil terbaru dalam penyerbuan 26 Oktober itu.

Lokasi persembunyian Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi disebut diungkapkan oleh ipar sendiri ketika tewas diserbu pasukan AS.

Baghdadi berada di Provinsi Idlib, Suriah, kemungkinan untuk menyelundupkan keluarganya sendiri ke Turki sebelum ditemukan militer AS.

Ipar Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi Jadi Informan yang Bongkar Persembunyiannya Kabar tewasnya Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi pada pekan lalu tak lepas dari sejumlah informan yang memberikan keterangan berharga.

Umumkan Kematian Abu Bakar al-Baghdadi, ISIS Sebut Penggantinya Sosok Menjanjikan Dunia Jihad

Ada Saweran Uang, Mandi Safar di Sungai Mentaya Juga Dihibur Musik di Atas Kelotok

Sore Ini Kalteng Putra vs Persib Bandung, Laskar Isen Mulang Usung Misi Balas Dendam

Salah satunya adalah saudara ipar Baghdadi, Muhammad Ali Sajid al-Zobaie, demikian klaim yang diberikan oleh dinas intelijen Irak. Baik sumber intelijen Irak dan pakar pergerakan radikal dari Wasatiyyah Centre, Fadel Abo Raghif, berujar kebanyakan informasi tentang Baghdadi datang dari Sajid.

Foto yang dirilis Kementerian Pertahanan AS pada 30 Oktober 2019 memperlihatkan pasukan khusus (kanan, bawah) menyerbu bangunan yang diyakini dijadikan tempat bersembunyi Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi di Barisha, Suriah, pada 26 Oktober 2019.
Foto yang dirilis Kementerian Pertahanan AS pada 30 Oktober 2019 memperlihatkan pasukan khusus (kanan, bawah) menyerbu bangunan yang diyakini dijadikan tempat bersembunyi Pemimpin ISIS Abu Bakar al-Baghdadi di Barisha, Suriah, pada 26 Oktober 2019. (AFP/US Department of Defense/JOSE ROMERO)

Status Sajid yang notabene ipar Baghdadi sebagai informan mengantarkan Baghdad ke terowongan gurun dekat Qaim, di mana mereka menemukan lokasi rahasia berisi peta hingga senjata ringan.

Pakar ISIS Hisham Hashimi mengatakan, temuan itu mengantarkan intelijen ke lingkaran penyelundupan yang mungkin digunakan Baghdadi.

Dari situ, mereka mendapatkan informasi bahwa Pemimpin ISIS itu berada di Barisha, desa dekat Provinsi Idlib, selama lima hari terakhir. Tidak ada yang tahu apa alasan Abu Bakar al-Baghdadi di Barisha. Namun, tempat itu dikenal sebagai "zona aman" karena tak kelompok ekstremis lain yang menguasai.

Padahal, Idlib disebut merupakan basis operasi bagi kelompok ekstremis lain seperti Hayat Tahrir al-Sham yang merupakan rival ISIS.

Halaman
1234
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved