Kualifikasi Piala Dunia 2022

Tak Hanya Denda Rp 643 Juta, FIFA Juga Warning Kick-off Telat Timnas Indonesia Vs Thailand

Dalam keputusan terbarunya yang dipublikasikan pada 9 Oktober 2019, Komite Disiplin FIFA juga menyoroti laga timnas Indonesia kontra timnas Thailand.

Tak Hanya Denda Rp 643 Juta, FIFA Juga Warning Kick-off Telat Timnas Indonesia Vs Thailand
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pemain Timnas Indonesia Stefano Lilipaly berebut bola dengan pemain Timnas Thailand pada ajang kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2019 

TRIBUNKALTENG.COM - Timnas Indonesia menjadi sorotan FIFA terkait pelanggaran babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Ulah oknum suporter timnas Indonesia yang berupaya menyerang suporter timnas Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 5 September 2019, sempat membuat laga terhenti.

Atas kericuhan suporter yang terjadi pada laga kandang timnas Indonesia Vs timnas Malaysia, FIFA baru saja menjatuhkan denda Rp 643 juta.

Dalam keputusan terbarunya yang dipublikasikan pada 9 Oktober 2019, Komite Disiplin FIFA juga menyoroti laga timnas Indonesia kontra timnas Thailand.

Di sana ada sembilan pelanggaran yang terjadi sepanjang Kualifikasi Piala Dunia dari berbagai zona pada matchday pada 2-10 September lalu.

FIFA Denda PSSI Rp 643 Juta Akibat Rusuh Saat Timnas Indoensia Jamu Malaysia di Senayan

Mayat Nenek yang Sudah Dikubur Dibongkar Lalu Disetubuhi, Ini yang Terjadi pada 2 Remaja Pelakunya

4 Negara yang Dipastikan Lolos Kualifikasi Euro 2020 Lolos Pekan Ini, Spanyol Berpeluang Menang

Dua dari sembilan pelanggaran itu melibatkan PSSI/timnas Indonesia yang terjadi pada laga kontra timnas Malaysia dan timnas Thailand.

FIFA menyoroti terlambatnya waktu kick-off pertandingan tersebut sebagai bentuk pelanggaran oleh penyelenggara pertandingan yang dalam hal ini adalah PSSI.

Federasi sepak bola dunia itu merujuk FIFA Disciplinary Code (FDC) artikel 12 yang mengatur tentang pelanggaran oleh pemain dan ofisial pertandingan.

"Pelanggaran pemain dan ofisial (menunda kick-off)," begitu isi tulisan keputusan Komite Disiplin FIFA terkait laga timnas Indonesia Vs timnas Thailand.

Tidak disebutkan berapa lama tertundanya kick-off pertandingan laga timnas Indonesia Vs timnas Thailand yang digelar di SUGBK pada 10 September lalu.

Tapi tak ada sanksi denda terkait pelanggaran ini melainkan FIFA hanya memberi peringatan saja agar tak terulang di lain waktu.

Ada dua pelanggaran lainnya yang dilakukan federasi sepak bola Asia Tenggara dalam keputusan tersebut.

Malaysia dan Myanmar juga mendapat peringatan dari FIFA karena pelemparan objek ke lapangan dan invasi penonton ke lapangan.

Pelemparan objek terjadi pada laga timnas Malaysia Vs timnas Uni Emirat Arab, sedangkan invasi penonton terjadi pada laga timnas Myanmar kontra timnas Jepang.

Artikel ini telah tayang di BolaSport.com

Editor: Mustain Khaitami
Sumber: BolaSport.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved