Kabar Palangkaraya

68 Kasus Bakar Lahan di Palangkaraya, 4 Perkara Segera Masuk ke Pengadilan

Dari sekian jumlah kasus kebakaran lahan yang ditangani Polres Palangkaraya, empat berkas perkara pembakar lahan di wilayah Kota Palangkaraya, segera

68 Kasus Bakar Lahan di Palangkaraya, 4 Perkara Segera Masuk ke Pengadilan
Polres Palangkaraya
Ilustrasi - Kebakaran lahan di pinggiran kota Palangkaraya. Polisi melakukan sosialisasi agar warga tidak membakar lahan, karena akan dikenakan sanksi. 

TRIBUNKATLENG.COM, PALANGKARAYA - Penanganan kasus kebakaran lahan di Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah terus dilakukan pihak kepolisian setempat. Hingga, Kamis (10/10/2019) Polres Palangkaraya menangani sebanyak 68 kasus kebakaran lahan.

Dari sekian jumlah kasus kebakaran lahan yang ditangani Polres Palangkaraya, empat berkas perkara pembakar lahan di wilayah Kota Palangkaraya, segera masuk ke pengadilan, karena penyidik setempat sudah selesai melakukan pemberkasan.

Kasatreskrim Polres Palangkaraya AKP Nandi Indra Nugraha, menyebut, dari 68 pekara pembakaran lahan yang sedang dilakukan penyelidikan enam perkara di tingkatkan ke tahap penyidikan.

Dari enam perkara tersebut, satu perkara dihentikan penyidikannya karena berdasarkan hasil pemeriksaan ahli kejiwaan dari Rumah Sakit Jiwa Kalawa Atei Pulangpisau Kalteng, dinyatakan mengalami gangguan jiwa, yakni M. Rahmadi merupakan tangkapan Satpol PP yang kemudian untuk proses hukumnya diserahkan ke Polresta Palangkaraya.

Polres Kapuas Kembali Tangkap Pembakar Lahan, Pelaku Dijerat Pasal Berlapis

Ramalan Zodiak Kamis 10 Oktober 2019: Virgo Ada Perubahan Besar, Rencana Capricorn Berantakan

AC Milan Resmikan Stefano Pioli Gantikan Marco Giampaolo, Poinnya Lebih Parah dari Gennaro Gattuso

Sementara itu, empat berkas yang siap diserahkan kekejaksaan yakni, berkas perkara pelaku berinisial BR (40) dengan TKP pembakaran di jalan Mahirmahar Km 6, kemudian inisial SP (51) TKP lahan dibakar di Jalan Takaras Dermaga Kelurahan Petuk Berunai Kecamatan Rakumpit.

Demikian juga dengan pelaku PR (40) yang melakukan pembakaran lahan di jalan Takaras Dermaga Kelurahan Petuk Berunai Kecamatan Rakumpit, serta pelaku SB (48) dengan TKP di Jalan Kranggan Kelurahan Tanjung Pinang Kecamatan Pahandut yang perkaranya telah di limpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Palangkaraya dan tinggal menunggu proses persidangan

“Satu perkara Karhutla dengan tersangka HJ (45) yang di tangani Polsek Pahandut berkas perkaranya telah di serahkan kepada JPU untuk masuk tahap I,” tambah Kasatreskrim.

Nandi Indra Nugraha juga mengatakan untuk 62 perkara pembakaran lahan yang lain saat ini pihaknya masih terus melakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Bila hasil penyelidikan nantinya telah memenuhi unsur tindak pidana yang di atur oleh undang-undang dengan minimal dua alat bukti, maka pihaknya tidak segan-segan untuk meningkatkan proses penyelidikan ke proses penyidikan," ujarnya.

(Tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved