Pilgub Kalteng

KPU Teken Hibah Rp249,7 Miliar untuk Biaya Pilgub Kalteng, Bawaslu Tak Hadir

Menghadapi pilgub 2020, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah melakukan penandatanganan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD)

KPU Teken Hibah Rp249,7 Miliar untuk Biaya Pilgub Kalteng, Bawaslu Tak Hadir
Tribunkalteng.com/Faturahman
Penandatanganan, Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bagi penyelenggara pemilihan kepala daerah terkait soal anggaran Pilkada serentak 2020, Selasa (1/10/2019). 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Menghadapi pilgub 2020, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah telah melakukan penandatanganan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) bagi penyelenggaraan pemilihan kepala daerah terkait soal anggaran Pilkada Serentak 2020.

Dua penyelengara Pilkada, yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi. KPU Provinsi akhirnya mendapatkan jatah kepastian soal anggaran sebesar Rp249,7 miliar dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebesar Rp88 miliar.

Namun, penandatanganan NPHD tersebut, hanya dihadiri oleh KPU Provinsi sementara dari Bawaslu tidak hadir. Meski begitu, penandantangan NPHD tetap dilaksanakan di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur dihadiri pimpinan DPRD Provinsi sementara Duwel Rawing, disaksikan perwakilan dari Polda Kalteng, Korem 102 Pjg dan seluruh jajajaran kepala dinas dan badan di lingkup Pemprov, Selasa (1/10/2019).

Kepala Badan Keuangan Setda Kalteng, Nuryakin, mengatakan, pihaknya sudah melayangkan surat resmi ke Bawaslu tetapi tidak bisa berhadir.

Berebut Dukungan Parpol, Sejumlah Bupati dan Mantan Kepala Daerah Mendaftar Pilgub Kalteng

Liga Champions - Satu Gol Mauro Icardi Bawa Kemenangan Paris Saint-Germain Kontra Galatasaray

Hari Batik Nasional 2 Oktober, Warisan Dunia yang Sempat Diklaim Malaysia

"Dalam rangka penyelenggaraan pemilihan gubernur dan Wakil gubernur 2020, Pemprov telah menerima usulan baik dari KPU provinsi awalnya Rp356,2 miliar, Bawaslu Rp122,06 miliar," ujarnya.

Setelah menerima usulan anggaran pihaknya terutama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) melakukan beberpa kali pertemuan untuk membahas anggran tersebut, akhirnya ldiperoleh kesepakatan untuk KPU Provinsi Rp249,7 miliar dan bawaslu Rp88 miliar.

"Dana tersebut direalisasikan secara bertahap sesuai dengan diatur NPHD,” ujar Nuryakin.

Selain itu, dana untuk Pengamanan Pilkada 2020, Polda Kaltneg mengusulkan anggaran sebesar Rp71,31 miliar dan Korem 102 Pjg Rp3,8 miliar.

"Ini sudah dibahas, dalam rapat antara Polda, Korem dengan TAPD maka didapat angka sementara tersebut, yang nantinya akan dikonsultasikan dengan Dirjen Bina Keuangan Daerah kementerian di Jakarta," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Sementara DPDR Kalteng, Duwel Rawing mengatakan, pihaknya berusaha untuk seoptimal dan sefektif mungkin dalam menentukan anggaran Pilgub Kalteng, agar program pembangunan untuk rakyat yang telah dirancang tidak banyak dipending akibat dana terkuras untuk pelaksanaan Pilgub Kalteng.

Halaman
12
Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved