Kabar Kapuas

Waspada Banjir, Alat Sistem Peringatan Dini Dipasang di Sei Pinang Kecamatan Mandau Talawang

Kegiatan pemasangan sistem peringatan dini atau Early Warning System berlangsung sejak 26-29 September 2019 dan ditangani langsung oleh BNPB yang berk

Waspada Banjir, Alat Sistem Peringatan Dini Dipasang di Sei Pinang Kecamatan Mandau Talawang
Foto dari BPBD Kapuas
BPBD Kabupaten Kapuas melalui Fasilitasi BNPB saat memasang alat sistem peringatan dini banjir atau Flood Early Warning System di Desa Sei Pinang, Kecamatan Mandau Talawang, Kabupaten Kapuas. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - BPBD Kabupaten Kapuas melalui Fasilitasi BNPB telah memasang alat sistem peringatan dini banjir atau Flood Early Warning System di Desa Sei Pinang, Kecamatan Mandau Talawang, Kabupaten Kapuas.

Kegiatan pemasangan sistem peringatan dini atau Early Warning System berlangsung sejak 26-29 September 2019 dan ditangani langsung oleh BNPB yang berkerjasama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

"Early Warning System merupakan sebuah tatanan penyampaian informasi hasil prediksi terhadap sebuah ancaman kepada masyarakat sebelum terjadinya sebuah peristiwa yang dapat menimbulkan risiko," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas, Panahatan Sinaga, Senin (30/9/2019).

Dimana tujuan dari Early Warning System ini, lanjutnya, untuk memberikan peringatan agar penerima informasi dapat segera siap siaga dan bertindak sesuai kondisi, situasi dan waktu yang tepat.

Meluas, Banjir di Mandau Telawang Kapuas Kian Parah

Amaroso Katamsi Pemeran Mayjen TNI Soeharto di G30 S/PKI, Derita Penyakit Ini di Akhir Hidup

Pria Kirim Foto Alat Vitalnya ke Waria, Balasannya Bikin Geram Sang Pengirim Sampai Minta Blokir

"Sehingga diharapkan akan dapat meminimalkan risiko jika bencana itu terjadi," ujarnya.

Sistem peringatan dini ini berpusat pada masyarakat dan terdiri dari tujuh subsistem, yaitu penilaian risiko, sosialisasi, pembentukan Tim Siaga Bencana, penyusunan protap/SOP evakuasi, instalasi serta pelatihan operasional dan pemeliharaan, geladi evakuasi, dan membangun komitmen pemda dan masyarakat.

"Dengan terpasangnya itu di Desa Sei Pinang Kecamatan Mandau Talawang ini diharapkan selain menjadi peringatan dini bagi wilayah tersebut juga bisa menjadi peringatan bagi wilayah desa dan kecamatan di sepanjang alur sungai tersebut termasuk Kecamatan Kapuas Hulu, Kecamatan Pasak Telawang dan Kecamatan Kapuas Tengah," paparnya. (Tribunkalteng.com/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved