Kalteng Kita

Viral Video Durian 'Kura-kura', Buah Tumbuh di Bagian Akar, Lokasinya di Hutan Seruyan Kalteng?

Dalam sepekan terakhir, beredar sebuah video di media sosial tentang buah durian yang tumbuh di bagian akar.

Viral Video Durian 'Kura-kura', Buah Tumbuh di Bagian Akar, Lokasinya di Hutan Seruyan Kalteng?
Istimewa
Pohon Durian Langka tumbuh di Hutan Seruyan Hulu Kabupaten Seruyan, Kalteng disebut unik dan langka, karena buah tumbuh di akar pohon. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Dalam sepekan terakhir, beredar sebuah video di media sosial tentang buah durian yang tumbuh di bagian akar.

Video itu menampilkan sejumlah petugas diperkirakan adalah pasukan polisi reaksi cepat hutan atau Sporc yang diduga berada di Hutan Seruyan Hulu Kabupaten Seruyan, Kalteng.

Pohon durian tersebut kabarnya hanya ada di Hutan Kalimantan Tengah dan Hutan Kalimantan Timur. Uniknya buah durian pada umumnya keluar di dahan pohon, namun untuk durian langka yang ditemukan di hutan Seruyan Hulu malah keluar di akar pohon dan batang bagian bawah pohon.

Belum diketahui persis lokasi penemuan pohon durian langka tersebut, namun dalam video disebutkan berlokasi di Hutan Seruyan Hulu, Kabupaten Seruyan.

"Ini adalah tanaman langka, karena durian ini unik buahnya tumbuh di akar pohon tidak seperti pohon durian pada umumnya," ujar petugas yang ada dalam video tersebut.

Durian Tanpa Duri, Awalnya Dikira Beracun Ternyata Isinya di Luar Dugaan

Film G30S/PKI, Komentar Milenial dan Adanya Rekonstruksi Visual yang Agak Dicomot

Dipergoki Berhubungan Intim dengan Sejumlah Pria, Janda Ini Mengaku Dirudapaksa

Dalam video tersebut, tampak pohon durian berdiri tegak dan tunggi namun dibagian atasnya atau dahannya tidak ditemukan adanya buah durian, malah buah durian tersebut adanya di akar pohon. Meski begitu bentuknya jauh lebih kecil dari durian umumnya, karena diameternya hanya sebesar genggaman tangan orang dewasa saja.

Informasi dari dalam video tersebut menyebutkan, buah durian langka tersebut, tidak bisa dimakan, karena bagi yang memakannya akan menyebabkan mabuk, sehingga buah durian tersebut hanya dibiarkan tumbuh di dalam hutan seruyan saja oleh petugas yang ada pun nampak dibiarkan saja.

Namun untuk memastikan jenis durian tersebut langka atau tidak biasanya dilakukan penelitian dengan melihat atau melakukan kajian ilmiah secara fisiologi atau pun morfologinya yang dilakukan oleh orang yang memang memiliki kehalian soal tanaman, sehingga bisa diketahui secara detail tentang tanaman tersebut.

Video tersebut juga menjadi pembicaraan kalangan warga Kalteng yang mengaku baru kali ini mengetahui ada pohon durian yang buahnya tumbuh di bagian akar pohon atau dibagian bawah pohon.

"Unik dan langka, selama puluhan tahun hidup di Kalteng belum pernah liat durian seperti itu," ujar Anwar salah satu warga Palangkaraya, Senin (30/9/2019).

Sementara itu, ketika penemuan tanaman tersebut dikonfirmasikan kepada petugas BKSDA SW II yang membawahi Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Muriansyah, mengatakan, dia memang sudah melihat video tersebut, tetapi belum melakukan pengecekan lengsung ke lapangan.

Menurutnya, untuk memastikan apakah durian tersebut langka, diperkukan penelitian lebih lanjut dan tentunya mendatangi ke TKP.

"Untuk menentukan apakah itu durian langka harus dilakukan penelitian dahulu, kami belum tau lokasi tepatnya dimana itu, karena hanya tau lewat video yang beredar," ujarnya. (Tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved