Kabar Palangkaraya

Polda Kalteng Selidiki 15 Korporasi yang Lahannya Terbakar, Bersama Tenaga Ahli Lakukan Olah TKP

Polda Kalteng Selidiki 15 Korporasi yang Lahannya Terbakar, Bersama Tenaga Ahli Lakukan Olah TKP

Polda Kalteng Selidiki 15 Korporasi yang Lahannya Terbakar, Bersama Tenaga Ahli Lakukan Olah TKP
Polda Kalteng
Petugas saat mengumpulkan sampel dilahan korporasi yang terbakar di Palangkaraya. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Polda Kalteng serius dalam memproses hukum kebakaran lahan di 15 korporasi PBS Perkebunan Kelapa Sawit yang ada di Kalimantan Tengah.

Polisi membawa tenaga ahli dari KLH dalam melakukan olah tempat kejadian perkara kebakaran lahan perkebunan.

Tim dari Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) bagian Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polda Kalteng, Kamis (19/9/2019) melakukan olah TKP pada PT Palmindo Gemilang Kencana dengan posisi PBS di Sebangau, Kota Palangkaraya.

"Saat ini kami masih dalam tahap pengumpulan sampel, dengan membawa tenaga ahli dari KLH untuk membantu dalam melakukan pengungkapan kebakaran lahan di lokasi korporasi. Ini untuk mengungkan tindak pidana terhadap kebakaran di kawasan konsesi korporasi," ujar Irwasda Polda Kalteng, Kombes Pol Benone Jesaja Louhenapessy. 

Kehebatan Pisces Berkompromi di Ramalan Zodiak Besok Jumat 20 September 2019, Cancer Terlalu Memaksa

Spesifikasi & Harga OPPO A9 2020, Kombinasi Kualitas Tinggi dan Harga Terjangkau, Juga OPPO A5 2020

Berapa Miliar Rupiah Ganti Rugi Diminta Bebby Fey Tanya Hotman Paris, Terkait Youtuber Terkenal?

Sembilan Kepala Desa Terpilih Dilantik Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat Punya Harapan Khusus

Dia mengatakan, perusahaan tersebut dapat izin 1.000 hektare lebih, namun 200 hektare diantaranya terbakar.

Ini yang sedang diselidiki polisi sehingga membawa tenaga ahli dari KLH untuk membantu untuk mengungkap kebakaran lahan di perusahaan tersebut dengan mengumpulkan sampel untuk diteliti.

Menurut dia, saat ini pihaknya masih dalam tahap pengumpulan sampel terkait kebakaran di kawasan PT Palmindo Gemilang Kencana yang saat ini statusnya dalam tahap penyidikan.

"Kami belum menetapkan tersangka, karena masih dalam tahap penyidikan dan penyelidikan," ujarnya.

Irwasda mengungkapkan dari 15 korporasi yang lahannya diduga terbakar, berada pada sembilan daerah di Kalimantan Tengah dan pihaknya masih melakukan tahap pengumpulan sampel dan penyelidikan, tentunya dengan bantuan tenaga ahli untuk mengungkapnya.

Sementara itu, Kasubdit Tipiter AKBP Manang Soebekti, mengatakan, saat ini proses penyidikan sudah berjalan selama satu bulan.

"Hari ini kami datangkan tenaga ahli dar Lingkungan Hidup untuk melihat proses kebakaran lahan yang terjadi di korporasi ini, setelah selesai gelar perkara akan ditetapkan pengusaha dan korporasinya, ini dilakukan secara bertahap," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pengawas Kebun PBS PT Palmindo Gemilang Kencana Kota Palangkaraya, Agus, membenarkan, lahan perkebunan mereka terbakar sejak awal bulan sembilan lalu, namun itu rembetan dari kebakaran lahan sekitar PBS.

"Saat lahan terbakar kami juga sudah berusaha memadamkan, bahkan hingga minta bantuan Helikopter Water Boombing, namun memang api sudah sulit dipadamkan," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id /faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Royan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved