BJ Habibie Wafat

Wasiat BJ Habibie Sebelum Tutup Usia, Sebut Soal Ini di Hadapan Anak dan Cucunya

Saat ditanya terkait pengembangan industri pesawat terbang, Ilham mengatakan bahwa Habibie tidak mewasiatkan soal hal tersebut.

Wasiat BJ Habibie Sebelum Tutup Usia, Sebut Soal Ini di Hadapan Anak dan Cucunya
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Personel Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) membawa bingkai foto Presiden ke-3 Republik Indonesia, BJ Habibie menuju liang lahat saat tiba di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019). BJ Habibie meninggal dunia pada hari Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB. 

TRIBUNKALTENG.COM - Duka masih menyeliuti bangsa Indonesia dengan wafatnya BJ Habibie. Tidak hanya dikenal sebagi Bapak Teknologi, Presiden ke-3 ini juga dikenal sebagai Bapak Demokrasi Indonesia.

Lima hari setelah Habibie meninggal dunia, putra tertua almarhum, Ilham Akbar Habibie akhirnya mengungkap wasiat sang ayah.

Dilansir dari Warta Kota, menurut Ilham, wasiat terakhir Habibie itu disampaikan di detik-detik menjelang ayahnya berpulang.

"Waktu itu, keluarga inti dikumpulkan. Anak, menantu, dan para cucu," ujar Ilham di kediaman kediaman Habibie yang berada di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (16/9/2019).

Warga Berebut Selfie di Nisan BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie Bilang Begini

Liga Champions Grup F - Tuan Rumah Inter Milan Hanya Mampu Bermain Seri 1-1 Kontra Slavia Praha

Status Pegawai KPK akan Jadi ASN, Bisakah KPK Independen?

"Wasiat bapak kepada keluarga yaitu hanya satu. Yang diminta oleh bapak adalah keutuhan dan persatuan keluarga. Itu saja," sambungnya.

Wasiat terakhir Habibie, kata Ilham, disampaikan di ruang ICU.

"Disampaikan di ICU itu. Di detik-detik terakhir sebelum bapak dibius, habis itu tidak sadar lagi," kata Ilham.

"Kalau ditanya kenapa pilih persatuan sebagai wasiat, walahuallam bissawab. Tidak beri alasan," tambahnya.

x
Makam Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan , Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019). (KOMPAS.com/WALDA MARISON)

Tetapi, Ilham mencoba menafsirkan maksud wasiat terakhir Habibie tersebut kepada keluarga.

"Saya kira, dilihat itu sebagai, itu perkiraan saya, karena itu ya untuk keluarga. Keluarga baru bisa disebut keluarga kalau bersatu. Kalau tidak, tidak bisa disebut keluarga, tapi hanya individual," ujarnya.

Halaman
1234
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved