Kajian Islam

Wagub Kalteng Ajak Warga Gelar Shalat Istisqo, Begini Tata Cara Shalat Minta Hujan

Pekatnya kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan yang selama beberapa waktu menyelimuti sejumlah wilayah Kalteng dan sekitarnya, telah mengakibatkan

Wagub Kalteng Ajak Warga Gelar Shalat Istisqo, Begini Tata Cara Shalat Minta Hujan
Tribunkaltim.co/ Nevrianto Hardi Prasetyo
Kondisi udara di sekitar Bandara APT Pranoto Jalan Poros Samarinda Bontang Samarinda Utara tampak diselimuti kabut asap, Minggu(15/9/2019).Tampak di area apron Bandara pesawat Batik Air dan Garuda Indonesia nyaris tertutup kabut asap. 

TRIBUNKATLENG.COM - Pekatnya kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan yang selama beberapa waktu menyelimuti sejumlah wilayah Kalteng dan sekitarnya, telah mengakibatkan banyak warga menjadi sakit.

Jadwal penerbangan juga menjadi terganggu karena jarak pandang yang terbatas. Belum lagi dampak sosial lain, seperti aktivitas belajar mengajar siswa di sekolah yang terpaksa diliburkan.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sejak Juli lalu telah memprediksi hampir seluruh wilayah di Indonesia memasuki puncak musim kemarau pada bulan Agustus dan dampak kemarau dirasakan di bulan September.

Agar kemarau dan kebakaran lahan segera berakhir, turunnya hujan merupakan harapan dari banyak pihak. Bahkan upaya untuk membuat hujan buatan pun dilakukan.

Pemprov Kalteng melalui Wakil gubernur Habib Ismail bin Yahya pun menyeru warga Kalteng yang beragama muslim untuk menggelar Shalat Istisqo agar Allah SWT segera menurunkan hujan.

Jelang Kedatangan Habib Umar Bin Hafidz, Masalah Kabut Asap Jadi Perhatian

Lionel Messi Akhirnya Tampil di Laga Barcelona vs Borussia Dortmund di Grup F Liga Champions

Pak Polisi Menempel di Kap Mobil Ala Spiderman, Identitasnya Terungkap

Shalat Istisqo secara besar-besaran ini dijadwalkan digelar pada Rabu (18/9/2019) pukul 07.00 WIB di halaman Kantor Gubernur Kalteng.

Bagi umat dari agama lain, Wagub juga mengimbau agar turut berdoa sesuai ajaran masing-masing. Harapannya, persoalan kabut asap yang telah menjadi bencana ini segera berlalu.

Istisqo secara istilah yaitu meminta kepada Allah SWT agar menurunkan hujan.

Hukum Shalat Istisqo adalah sunnah muakkadah khususnya bagi wilayah yang kekurangan air untuk minum dan kebutuhan lainnya.

Kemudian bagaimana tata cara Sholat Istisqo serta bacaan doa minta turun hujan?

Halaman
1234
Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved