Kabar Palangkaraya

Sekolah Liburkan Siswa Akibat Kabut Asap, Saidah Ungsikan Anak ke Banjarmasin

Berasarkan informasi pada papan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), kualitas udara Kota Palangkaraya sudah masuk dalam katagori berbahaya.

Sekolah Liburkan Siswa Akibat Kabut Asap, Saidah Ungsikan Anak ke Banjarmasin
Istimewa
Saidah Suryani (tiga dari kiri) bersama Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya dan Bupati Barsel Edy Raya Syamsuri dalam sebuah acara, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Tindakan pemerinah yang menginstruksikan sekolah meliburkan siswa akibat kabut asap yang menyelimuti Koa Palangkaraya, disambut baik para orang tua.

Itu mengingat, kabut asap tidak hanya mengancam kesehatan tapi juga membahayakan para penderita.

Berasarkan informasi pada papan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU), kualitas udara Kota Palangkaraya sudah masuk dalam katagori berbahaya.

Kosentrasi paramater pencemaran sudah mencapai pm sepuluh. Artinya, sudah pada angka lima ratus paramater critical (PM10).

"Saya terpaksa mengungsikan anak ke Banjarmasin karena kondisi asap seperti sekarang tidak bersahabat," ujar Saidah Suryani, warga Kota Palangkaraya.

Kabut Asap Parah, Siswa Madrasah di Palangkaraya Libur Seminggu

Jelang Kedatangan Habib Umar Bin Hafidz, Masalah Kabut Asap Jadi Perhatian

Kena Tilang Polantas, Pengendara Bakar Motornya Sendiri, Videonya Heboh di Medsos

Secara umum, kabut asap yang berlangsung selama beberapa pekan ini telah membuat banyak warga mengalami Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA).

Pemerintah pun juga telah menyediakan sejumlah tempat bagi warga yang membutuhkan oksigen, seperti di rumah sakit maupun puskesmas.

Namun selain gangguan pernafasan, kabut asap yang menyengat juga membuat mata terasa perih jika warga terlalu lama berada di luar. Itu karena debu halus dari sisa pembakaran yang beterbangan ke udara. (Tribunkalteng.com/Mustain Khaitami)

Penulis: Mustain Khaitami
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved