Kalteng Kita

Soal Wacana Pemekaran Provinsi di Kalteng, Gubernur Sugianto: Sudah Disampaikan ke Presiden

Sugianto menegaskan, alasan pemekaran tersebut bukan karena masalah politik atau untuk kekuasaan, tetapi karena kebutuhan untuk pelayanan kepada masya

Soal Wacana Pemekaran Provinsi di Kalteng, Gubernur Sugianto: Sudah Disampaikan ke Presiden
(banjarmasinpost group/faturahman)
Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Wacana pembentukan Provinsi baru di Kalimantan Tengah ternyata mendapat perhatian khusus oleh Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran. Bahkan dia, sudah mrnyampaikannya secara lisan kepada Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Kalteng.

Sugianto yang akan mencalonkan diri kembali sebagai Gubernur Kalteng melalui Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dalam Pilgub Kalteng tahun 2020 mendatang ini mengakui saat ini Kalteng memang sudah selayaknya dimekarkan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

"Ya , soal Pemekaran Kalteng itu sudah saya ungkapkan secara langsung kepada Presiden RI Bapak Joko Widodo, saat beliau naik Helikopter untuk memantau daerah yang akan dijadikan sebagai Ibu Kota RI di wilayah Kalteng yang lalu, jadi saya sudah ngomong soal itu," ujarnya.

Wacana Pemekaram Kalteng tersebut sudah lama direncanakandan sudah ada tim yang dibentuk untuk persiapan pembentukannya sehingga saat ini tinggal pematangan saja dan memen saat ini dinilai sangat pas, karena bertepatan ditetapkanny Kaltim sebagai Ibu Kota Pemerintahan NKRI.

Kajian Pembentukan Provinsi Kotawaringin Rampung

Ramalan Zodiak Hari Ini: Capricorn Uang Bukan Segalanya, Virgo Kendalikan Emosi, Gemini On Fire

Alasan Elly Sugigi Mantap Berhijab, Saya Mau Istikomah

"Ya, memang, akan kami ajukan secara resmi kepada Pemerintah Pusat , karena ini memang urgen, sudah saatnya dilakukan pemekaran tersebut,selama ini pelayanan masyarakat terlalu luas jangkauannya, sehingga wilayah kota memang harus di pangkas," ujarnya lagi.

Sugianto menegaskan, alasan pemekaran tersebut bukan karena masalah politik atau untuk kekuasaan, tetapi karena kebutuhan untuk pelayanan kepada masyarakat untuk memudahkan pelayanan dari pemerintah kepada masyarakat.

"Ini untuk pemerataan pembangunan, mengurangi ketimpangan dan pembangunan infrastruktur yang lebih cepat dan lebih baik lagi kedepannya lalu diperlukan adanya pemekaran provinsi," ujarnya lagi.

Sudah ada lima kabupaten yang siap untuk bergabung dalam memekarkan untuk pisah dari Kalteng, yaini Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Lamandau, Sukamara dan Seruyan. Bahkan, bupati masing-masing dan DPRD sudah sepakat untuk pembentukan provinsi baru tersebut.

Wacana pembentukan provinsi baru Kalteng tersebut, hingga, Rabu (11/9/2019) masih jadi pembicaraan hangat warga Kalteng, selain wilayah kotawaringin yang berencana memisahkan diri, kabupaten yang ada di DAS Barito juga sejak lama ingin membentuk sendiri provinsi dan pisah dengan Kalteng. (Tribunkalteng.com/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved