KaltengPedia

KaltengPedia: Sungai Kahayan Penghubung Sejumlah Kabupaten Bermuara di Laut Jawa

Sungai Kahayan juga dikenal sebagai Batang Biaju Besar atau Sungai Dayak Besar atau groote daijak-rivier atau great dajak atau great dyacs adalah sung

KaltengPedia: Sungai Kahayan Penghubung Sejumlah Kabupaten Bermuara di Laut Jawa
TRIBUNKALTENG.com/faturahman
Sungai Kahayan, Palangkaraya, juga banyak petani ikan karamba yang memanfaatkanya untuk usaha. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Sungai Kahayan di Palangkaraya Kalimantan Tengah pernah menjadi urat nadi warga Kalteng. Itu sebelum adanya jembatan penyeberangan sarana ini paling dibutuhkan untuk penghubung ke Kalsel.

Pada masanya, Sungai Kahayan yang memiliki panjang lebih dari 600 kilometer dipakai sebagian pedagang untuk memasok sembako dan barang kebutuhan lainnya dari Kalsel ke Kalteng untuk kebutuhan sehari-hari warga Palangkaraya yang pasokaannya masih tergantung dari Kalsel.

Sungai Kahayan juga dikenal sebagai Batang Biaju Besar atau Sungai Dayak Besar atau groote daijak-rivier atau great dajak atau great dyacs adalah sungai yang membelah Kota Palangkaraya.

Sungai ini bermuara di dua  kabupaten dan satu kota antara Kota Palangkaraya, Kabupaten Gunungmas dan Kabupaten Pulangpisau dan bermuara di Laut Jawa yang bisa menghubungkan antar Pulau Kalimantan dan Jawa melalui pelabuhan laut.

Hingga saat ini Sungai Kahayan masih dimanfaatkan sebagai pedagang di Palangkaraya untuk sarana alat transportasi sungai yang menghubungkan Kalsel dan Kalteng dalam memasok sembako dan barang lainnya.

(Tribunkalteng.com/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved