Kabar Haji Kalteng 2019

Disiapkan Bus Angkutan, Sebagian Jamaah Haji Ini Pilih Bertahan, Ternyata Ini Alasannya

Diakuinya, cuaca sangat panas di Mekkah dan di Madinah. Namun seluruh rangkaian ibadah dapat ditunaikan.

Disiapkan Bus Angkutan, Sebagian Jamaah Haji Ini Pilih Bertahan, Ternyata Ini Alasannya
Tribunkalteng.com/nuskholis huda
Armada bus angkutan yang disiapkan bagi para jamaah haji. 

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARBARU - Jamaah Haji Asal Pangkaraya Kalteng di Keloter 11 Embarkasi Banjarmasin kini dalam perjalanan ke Palangka Menggunakan Bus Damri yang disediakan panitia haji, Rabu (4/9/2019).

Akan tetapi, banyak juga warga Kalteng yang datang langsung menjemput dengan menggunakan mobil pribadi.

Semisal H Muhammad Azhar, dan Isteri Hj Yuliani dia langsung dijemput oleh keluarga dari Palangkaraya. Bahkan dia mengaku tidak langsung pulang ke Palangka pilih beristirahat di rumah keluarganya di Banjarmasin.

"Saya pulangnya pilih pisah dari rombongan. Saya pulang besok dan memilih tinggal di rumah keluarga di Banjarmasin. Alasanya untuk menjaga vitalitas tubuh," kata Muhammad Azhar.

Diakuinya, cuaca sangat panas di Mekkah dan di Madinah. Namun seluruh rangkaian ibadah dapat ditunaikan.

"Alhamdulillah tak sakit hanya batuk batuk dan itu sudah dialami rata-rata jemaah haji," tandas warga Palangkaraya tersebut.

Plh Kabid Penyelenggara Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Kalteng,  H. Masgi, Rabu (4 /9/2019) menjelaskan untuk kepulangan ke daerah masing-masing diserahkan kepada jemaah hajinya.

"Mau dijemput langsung di Embarkasi Banjarmasin tidak masalah. Ikut rombongan di bus yang disiapkan panitia juga bisa. Kami persilahkan. Yang jelas panitia tetap sediakan fasilitas angkutan ke Palangkaraya," tandas H Masgi.

Dijelaskan Masgi, di Keloter 11 ini diketahui  mendarat di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin sekitar pukul 15.30 WITA dan sore tadi sudah Dipulangkan ke Palangkaraya. 

Dalam Keloter 11 ini diketahui dari 325 jamaah yang sebelumnya berangkat, kembali sebanyak 323 orang dengan perincian 140 laki-laki dan 176 perempuan. Selain itu, terdapat 7 petugas TPHI, TPHIHI, TKHI, dan TPHD.

H. Masgi, menjelaskan di Keloter 11 ini full Palangkaraya dan ada dua yang meninggal di Tanah Suci. Mereka adalah Kulsum binti H Kurdi (54) dan Rusiyem binti Ijo (81) dan dimakamkan di Mekkah dan Madinah.

Setelah ini jemaah langsung balik ke Palangka menggunakan bus Damri. 

Dia berharap kepada jemaah untuk menjaga ibadahnya di kampung ya masing masing dan juga menjaga kesehatannya. "Jangan lupa kontrol kesehatannya di puskesmas terdekat," tandas Masgi. 

Dalam penyambutan proses penerimaan dan pemberangkatan jemaah Palangka di Embarkasi Banjarmasin ini juga langsung diterima oleh Kepala Kanwil Kemenag Kalteng H Masrawan pada saat penyambutan jamaah haji Keloter 11. (aol/*)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved