Kabar Haji Kalteng 2019

Tiba Setelah Enam Jam Tertahan di Bandara Kualanamu Medan, Tangis Haru Jamaah Keloter 8 Pecah

Mereka disambut di Aula Jenndah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru.

Tiba Setelah Enam Jam Tertahan di Bandara Kualanamu Medan, Tangis Haru Jamaah Keloter 8 Pecah
Isti/Humas Kemenag Kalteng
Suasana penyambutan kedatangan jemaah haji Kalteng di bandara Syamsudin Noor 

TRIBUNKALTENG.COM, BANJARBARU - Haru bercampur senang setelah lama tak melihat keluarga, H Badrun dan Hj Raina langsung memeluk keluarga yang sengaja datang dari Kapuas ke Asrama Haji di Banjarbaru, Senin (2/9/2019) malam.

Ya wajar saja, sudah sebulan lebih keluarga asal Kapuas ini tidak bersua. Tentu ada rasa kangen dengan keluarga.

"Tapi Alhamdulillah, meski kemarin sempat Tertahan di Kualanamu enam jam kami dapat hotel. Pelayanannya enak saja luar biasa," kata H Badrun.

Diceritakannya, selama di Mekkah sangat panas sampai 45 derajat selsius. "Tapi itulah tantangannya, dan Alhamdulillah sudah tunai semua ibadah di sana, tinggal kita mengistqomahkan di rumah nantinya," tandas H Badrun.

Ya, H Badrun menjadi satu dari 324 jemaah serta petugas haji di Kloter 08 yang mendarat dan pulang dan tiba di Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru.

Dari keloter delapan ini berkurang satu. Karena ada satu jemaah yang dirawat di rumah sakit Arab Saudi, atas nama Norhasanah sehingga tidak bisa ikut di Keloter ini. Norhasanah dilaporkan sakit dan di rawat di RS Al Anshar Madinah.

Malam tadi jemaah diserah teriakan oleh Ketua Penyelenggaraan Haji Embarkasi Banjarmasin, H Noor Fahmi. kepada Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran yang diwakili oleh Karo Kesra Pemprov Kalteng, H Syahruddin. Hadir juga Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalteng, H Masrawan dan jajaran.

Mereka disambut di Aula Jenndah Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin di Banjarbaru.

"Hingga tibanya Jemaah Haji dan Petugas yang sudah tiba ditanah air asal Embarkasi Banjarmasin ini sudah sebanyak 2.589 orang," ujar Noor Fahmi.

Dilaporkan Noor Fahmi hingga per 1 September 2019, Jemaah Embarkasi Banjarmasin dilaporkan sudah ada 14 orang yang meninggal dunia.

" Tujuh orang dari Kalteng dan Tujuh orang juga dari Kalsel, " urai Noor Fahmi.

Pihaknya atas nama panitia Embarkasi Banjarmasin menghaturkan terimakasih dan setelah diserahkan ke panitia haji Kalteng selajutnya menjadi tanggung jawab PPIH Kalteng.

Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran yang diwakili oleh Karo Kesra Pemprov Kalteng, H Sahruddin, menerimakan jemaah haji asal Kapuas Kalteng di Keloter 08 dan selajutnya diserahkan ke pihak penyelenggara haji daerah dalam hal ini PPIH Kapuas.

"Saya menyampaikan pesan pak gubernur bahwa selamat datang dan semoga menjadi haji Mambrur dan diistikomahkan nanti ibadah di rumah masing masing serta diberikan kesehatan selalu. Memang tahun ini agak berbeda karena harus pakai bus. Namun tetap harus disyukuri atas yang ada," lontarnya.

Plh Kabid PHU Kalteng, H Masgi menjelaskan untuk di Keloter delapan kemudian diangkut menggunakan bus sebanyak tujuh unit ke Kapuas dan kemudian akan disambut Di Kapuas oleh Wakil Bupati di sana. (aol/*)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved