Kabar Barito Selatan

Tabrak Batang Kayu, KM Zahara Tenggelam di Pelabuhan Pasar Lama Buntok Kalteng

Kapal bermuatan sarat bahan makanan pokok KM Zahara yang berisikan sembako merupakan salah satu pemasok sembako dari Kalimantan Selatan, untuk Kabupat

Tabrak Batang Kayu, KM Zahara Tenggelam di Pelabuhan Pasar Lama Buntok Kalteng
Polres Barsel
Kapal pengangkut Sembako KM Zahara tenggelam di Pelabuhan Pasar Lama Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalteng, Kamis (29/8/2019). 

TRIBUNKALTENG.COM, BUNTOK - KM Zahara, sebuah kapal barang yang hendak merapat ke Pelabuhan Pasar Lama Buntok Jalan Niaga RT 22 RW 03, Kelurahan Buntok Kota Kecamatan Dusun Selatan Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalteng, Kamis (29/8/2019) siang, tenggelam.

Diduga, itu terjadi setelah kapal yang membawa sembako menghantam batang kayu sehingga bagian lambung kapal pecah.

Upaya untuk menguras air dan menutup lambung kapal yang bocor telah dilakukan.

Namun seperti dikatakan pemlik KM Zahara, Bahrudin alias Utuh Kacut (56), banyaknya air yang masuk membuat kapal tidak mampu bertahan sehingga tenggelam di Sungai Barito.

Bangkai Titanic Hanya Tinggal Cerita, Bakteri Laut Gerogoti Bangkai Kapal Legendaris

Download Lagu MP3 Raisa Kembali, Download Lagu Kembali oleh Raisa, Lirik Lagu Kembali Lengkap!

Dikabarkan Pemain Andalan Paris Saint-Germain, Neymar Akan Kembali Bela Barcelona di Liga Spanyol

Pria warga Jalan Pematang Fungsi Buntok Kecamatan Dusun Selatan, Barsel, itu pun hanya bisa pasrah atas kejadian tersebut. Meski tidak ada korban jiwa, kerugian yang dialami ditaksir mencapai seratusan juta rupiah.

Kapal bermuatan sarat bahan makanan pokok KM Zahara yang berisikan sembako merupakan salah satu pemasok sembako dari Kalimantan Selatan, untuk Kabupaten Barito Selatan, sembako merupakan pesanan pedagang setempat untuk dijual.

"Selama ini pasokan sembako di Barsel memang kebanyakan kiriman dari Kalimantan Selatan, termasuk kapal KM Zahara yang berisi sembako yang tenggelam juga dari Kalsel, untuk pedagang di Barsel," ujar Halidi, salah seorang warga Barito Selatan, Jumat (30/8/2019).

x
Kapal pengangkut Sembako KM Zahara tenggelam di Pelabuhan Pasar Lama Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalteng, Kamis (29/8/2019). (Polres Barsel)

Keterangan Kapolres Barsel, AKBP Wahid Kurniawan, membenarkan kejadian tersebut.

Dia mengatakan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun pemilik kapal mengalami kerugian materi sekitar Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah).

Kejadiannya, Kamis (29/8/2019) pukul 01.00 Wib datang Kapal Dagang KM Zahra milik Bahruddin yang membawa sembako dengan 5 orang anak buah kapal (ABK).

"Selanjutnya tambat di belakang Pospol Pasar Lama. Pada saat akan tambat dan merapat menepi, kapal menabrak kayu yang berada di dalam air sungai yang menyebabkan kapal bocor sehingga tenggelam," ujarnya.

(Tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved