4 Instruksi Presiden Jokowi untuk Penanganan Kerusuhan di Papua, Tindak Tegas!

Aksi demonstrasi di Jayapura atas dugaan tindakan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya, Kamis (29/8/2019) kemarin, berakhir rusuh.

4 Instruksi Presiden Jokowi untuk Penanganan Kerusuhan di Papua, Tindak Tegas!
BIRO PERS/BIRO PERS
Presiden Joko Widodo. 

TRIBUNKALTENG.COM - Aksi demonstrasi di Jayapura atas dugaan tindakan rasisme terhadap mahasiswa Papua di Surabaya, Kamis (29/8/2019) kemarin, berakhir rusuh.

Sejumlah fasilitas dibakar. Selain kantor Majelis Rakyat Papua, kantor Telkom, Kantor Pos dan sebuah SPBU yang berjajar di samping kantor BTN di Jalan Koti, Jayapura, juga menjadi sasaran.

Tidak hanya itu saja, para pendemo juga melempari kantor-kantor dan hotel di Jayapura. Demo yang terjadi di Jayapura, diikuti oleh ratusan orang.

Mereka semua berkumpul di berbagai titik, Kabupaten Jayapura, Waena, Perumnas 3, dan wilayah Kota Jayapura.

Tabrak Batang Kayu, KM Zahara Tenggelam di Pelabuhan Pasar Lama Buntok Kalteng

Program Bedah Rumah Polres Bartim, Kini Nenek Nursiah Bisa Tinggal di Rumah Layak Huni

Zodiak Cinta Hari Ini Jumat 30 Agustus: Perasaan Baru Pisces, Taurus Move On, Leo Nikmati Menjomblo

Menanggapi hal itu, Presiden Jokowi pun langsung memberikan instruksi. Berikut sejumlah instruksi atau arahan Jokowi terkait dengan kerusuhan di Papua:

1. Tindak Tegas Pelaku Anarkisme

Dilansir dari pemberitaan Kompas.com (29/8/2019), Jokowi meminta kepada aparat keamanan untuk segera turun tangan dan menindak tegas pelaku anarkisme dan juga pelaku rasialis ke Mahasiswa Papua.

"Tadi malam saya perintahkan ke Menkolpulhukam bersama Kapolri, Kepala BIN, dan Panglima TNI, untuk mengambil tindakan tegas terhadap siapapun yang melanggar hukum dan pelaku tindakan anarkis serta rasialis," kata Jokowi di Purworejo, sebagaimana disiarkan langsung akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (29/8/2019) malam.

Walaupun sedang melakukan kunjungan kerja ke Purworejo, Jawa Tengah, Jokowi mengatakan dirinya akan terus memantau serta mengikuti situsi di Papua, khususnya Jayapura.

"Dan saya juga minta masyarakat tenang tidak meakukan tindakan-tindakan yang anarkis," kata dia.

Halaman
123
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved