Kalteng Kita

Dukung Pemindahan Ibu Kota, Gubernur Sugianto Usul Kembangkan Bandara dan Bangun Pelabuhan Samudera

Infrastrukturt antara lain dengan membangun pelabuhan samudera dan pengembangan bandara serta pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan jalan nasional

Dukung Pemindahan Ibu Kota, Gubernur Sugianto Usul Kembangkan Bandara dan Bangun Pelabuhan Samudera
humas Pemprov Kalteng
Ilustrasi - Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, saat memantau pelabuhan laut Bahaur Pulangpisau, Kalteng, beberapa waktu lalu. 

TRIBUNKALTENG.COM, PALANGKARAYA - Untuk mendukung Rencana Pemindahan Ibu Kota Negara di Kalimantan Tengah, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) ingin mengembangkan bandara dan mengusulkan pembangunan Pelabuhan Samudera.

Secara resmi, usulan tersebut disampaikan oleh Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, dalam Konsultasi Regional Penyusunan Rancangan Awal RPJMN 2020-2024 yang digelar di Balikpapan Kalimantan Timur.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menghadiri Konsultasi Regional Penyusunan Rancangan Awal RPJMN 2020-2024 di Balikpapan Kalimantan Timur tersebut mengajukan usulan pembangunan infrastruktur di Kalteng.

Konsultasi Regional yang dipimpin langsung oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang  Brodjonegoro yang juga dihadiri sejumlah Gubernur di Kalimantan, Selasa (20/8/2019).

Bantahan Presiden Jokowi pada Pernyataan Menteri Sofyan Djalil Sebut Kaltim Lokasi Ibu Kota RI

Istana Negara di Depan Monumen Pancasila, Begini Desain Ibu Kota Baru di Kalimantan

Viral Kakek 83 Tahun Nikahi Wanita Usia 27 Tahun, Mbah Dirgo Mengaku Awalnya Menolak Dilamar

Sembuh dari Deman dan Kejang, Bocah Ini Suka Gigit Kodok dan Ular, Tertawa Saat Lihat Hewan Mati

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, Kamis (22/8/2019) mengatakan, pembangunan dan penanganan masalah infrastruktur, energi,  Sumber Daya Manusia (SDM), kesehatan, pariwisata, dukungan untuk Perda Rencana  Tata Ruang Wilayah Provinsi (RTRWP) dan kesiapan Kalimantan Tengah menjadi Ibukota Negara.

Berkaitan dengan masalah infrastruktur berorientasi pada pertumbuhan dan ketahanan ekonomi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah meminta dukungan untuk membuka daerah yang terisolir karena keterbatasan anggaran APBD yang ada.

Infrastrukturt antara lain dengan membangun pelabuhan samudera dan pengembangan bandara serta pembangunan, peningkatan dan pemeliharaan jalan nasional poros selatan dan poros tengah.

" Ini termasuk pembangunan jalan-jalan yang menghubungkan sumber produksi guna memperlancar distribusi hasil pertanian dan perkebunan masyarakat," ujarnya.

Pada sektor energi, Gubernur Sugianto mengusulkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU), Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA), Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG), Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk desa.

"Selain itu, pembangunan transmisi pipa gas lintas Kalimantan serta meminta dukungan pemerintah pusat untuk peningkatan kualitas SDM dalam pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan dukungan untuk membantu pengembangan SDM di era revolusi industri 4.0," ujarnya. (Tribunkalteng.com / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved