KM Mina Sejati Dibajak di Laut Aru Akibat Perkelahian Internal, 7 Orang ABK Tewas

Kapal nelayan KM Mina Sejati yang dibajak oleh anak buah kapal (ABK)nya sendiri di Laut Aru Maluku, diduga dipicu persoalan internal.

KM Mina Sejati Dibajak di Laut Aru Akibat Perkelahian Internal, 7 Orang ABK Tewas
RAHMAT RAHMAN PATTY
Puluhan personel gabungan dari Brimob, Polres, Bakamla, Polairud dan personel SAR Tual dikerahkan untuk membantu pembebasan 23 ABK KM Mina Sejati yang disandera di perairan Kepulauan Aru, Senin dinihari (19/8/2019). 

TRIBUNKALTENG.COM, AMBON - Kapal nelayan KM Mina Sejati yang dibajak oleh anak buah kapal (ABK)nya sendiri di Laut Aru Maluku, diduga dipicu persoalan internal.

Markas TNI Angkatan Laut mengungkapkan, sebanyak 7 anak buah kapal ( ABK) KM Mina Sejati tewas dalam insiden perkelahian yang melibatkan sesama ABK di atas kapal ikan tersebut.

Pembajakan kapal nelayan KM Mina Sejati terjadi sajak Sabtu (17/8/2019) lalu.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal mengatakan, dari tujuh korban yang meninggal dunia itu, 5 di antaranya tewas di atas kapal sedangkan dua lainnya tewas setelah tenggelam saat berusaha menyelamatkan diri dengan cara melompat ke laut.

“ABK yang meninggal dunia semuanya berjumlah tujuh orang,” kata Zaenal kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (19/8/2019).

Download Lagu MP3 Noah Wanitaku, Download Lagu Wanitaku Noah Trending Youtube, Lirik Lagu Wanitaku

KM Mina Sejati Bocor dan Nyaris Tenggelam, 23 Sandera Masih di Kapal

Atraksi di Karnaval, Polwan Cantik Bripda Monica Terjungkal dari Atas Moge

Polisi Tertembak di Jayapura saat Pantau Aksi Demo, Gedung DPRD Papua Barat Dibakar

Dia mengungkapkan aksi perkelahian antara sesama ABK tersebut melibatkan tiga orang pelaku di atas kapal tersebut.

Karena kejadian perkelahian itu, 13 ABK yang merasa ketakutan akhirnya melompat ke laut sedangkan lima ABK lainnya terbunuh di atas kapal.

“ABK seluruhnya 36 orang, ada 3 orang pelaku, kemudian karena ketakutan  13 orang menyelamatkan diri dengan cara melompat ke laut, nah yang menceburkan diri ke laut itu dua orang meninggal dan 11 selamat, sehingga  masih ada 15 di atas kapal,” terangnya.

Zaenal mengatakan, dua ABK yang tewas karena tenggelam jasadnya kini telah berada di atas KM Gemilang, sementara lima korban tewas lainnya kemungkinan, kata dia, masih berada di atas KM Mina Sejati.

“Yang meninggal di atas kapal itu lima orang. Saya belum paham apa lima jenazah masih ada di atas kapal atau sudah dibuang pelaku ke laut,” katanya.

Halaman
12
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved