Info Sehat

Jarang Diketahui, Ternyata Nutrisi Ini Penting Bagi Ibu Menyusui

World Health Organization (WHO) dan United Nation Children’s Fund (Unicef) menetapkan setiap tanggal 1 hingga 7 Agustus sebagai Pekan Air Susu Ibu (PA

Jarang Diketahui, Ternyata Nutrisi Ini Penting Bagi Ibu Menyusui
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

TRIBUNKALTENG.COM - World Health Organization (WHO) dan United Nation Children’s Fund (Unicef) menetapkan setiap tanggal 1 hingga 7 Agustus sebagai Pekan Air Susu Ibu (PAS) sedunia.

Kampanye pemberian ASI secara ekslusif selama enam bulan pun selalu digalakkan oleh WHO. Pasalnya, lewat menyusui kebutuhan nutrisi bayi dapat terpenuhi.

Bahkan, dikutip dari Urban Child Institute, ASI memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan daya pikir bayi.

Perlu diketahui, daya pikir bayi akan berkembang pesat sepanjang dua tahun pertamanya.

Itulah mengapa, menukil Kompas.com, Sabtu (4/8/2016), bayi ASI memiliki Intelligence Quotient (IQ) lebih tinggi dibandingkan dengan bayi yang tidak mendapat ASI.

Bahaya Mengonsumsi Susu Kental Manis Berlebihan, Bisa Sebabkan Penyakit Jantung!

Analis Keamanan Beri Ulasan Terkait Padamnya Listrik Jakarta, Ada Serangan Siber Terorisme?

Batas Akhir Pendaftaran 7 Agustus, PT Jasa Raharja Buka Lowongan Buat Lulusan SMA hingga S1

Selain berdampak pada perkembangan kognitif, masih dari sumber yang sama, ASI juga memiliki manfaat lain.

Di antaranya memperkuat bonding atau ikatan antara ibu dan bayi, menurunkan risiko sejumlah penyakit, hingga mengoptimalkan sistem pencernaan bayi.

Oleh karena besarnya manfaat ASI bagi bayi, maka sudah semestinya selama masa menyusui, ibu mengonsumsi makanan bergizi demi menunjang kualitas ASI yang diproduksi.

Sayangnya, seperti diwartakan Kompas.com, Minggu (24/3/2019), Sekretaris Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Universitas Indonesia Sandra Fikawati mengatakan, masih banyak ibu yang tidak mengetahui makanan apa saja yang diperlukan selama masa menyusui.

Padahal, makanan yang dikonsumsi tidak boleh sembarangan. Selain itu, dari segi kebutuhan nutrisi pun amatlah berbeda. Dibandingkan dengan ibu hamil, ibu menyusui membutuhkan nutrisi jauh lebih banyak.

Halaman
123
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved