Kabar Kapuas

Berani Mencoba, Usaha Kerajinan Rotan di Desa Pulau Telo Baru Kapuas Kini Beromset Puluhan Juta

Kini, pasangan ini ini sukses menjalankan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa yang masuk kawasan One Village One Product (OVOP) tersebut.

Berani Mencoba, Usaha Kerajinan Rotan di Desa Pulau Telo Baru Kapuas Kini Beromset Puluhan Juta
tribunkalteng.com/Fadly Setia Rahman
Aktivitas mengolah kerajinan rotan di tempat usaha Slamet-Salasiah di Desa Pulau Telo Baru Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas. 

TRIBUNKALTENG.COM, KUALAKAPUAS - Belajar secara otodidak dengan banyak melihat dan mencoba, Slamet dan Salasiah merintis usaha kerajinan rotan dari Desa Pulau Telo Baru Kecamatan Selat Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng) sejak 2011.

Kini, pasangan ini ini sukses menjalankan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di desa yang masuk kawasan One Village One Product (OVOP) tersebut.

Tekun dan ulet menjalankan usaha bersama beberapa karyawannya. Modal awal otodidak dengan banyak melihat dan mencoba. Hingga ragam produk olahan rotan bisa dibuat oleh mereka.

Mengunjungi tempat usaha mereka di Desa Pulau Telo, banyak bahan rotan di berbagai penjuru rumah. Terlihat di halaman, teras hingga bagian dalam.

Aturan Belum Dicabut, Larangan Ekspor Rotan Mentah Justru Mendorong Ekspor Ilegal

Surya Palo Dukung Anies Baswedan Capres 2024, Saya Lagi Ngurus Jakarta

Mantan Polisi Jadi Bandar Narkoba Ditembak Mati, Begini Detik-detik Penangkapannya

Begitu masuk banyak hasil kerajinan rotan terpajang berkelompok. Mulai dari tas, tikar, keranjang, topi, tudung saji dan lain sebagainya.

Para pengrajin termasuk pemilik usahanya sibuk dengan aktivitas mengolah rotan. Utamanya di ruang tengah dan belakang rumah.

Tak hanya keuntungan secara materi yang didapat, pemilik UD Nabil Reyhan Rotan tersebut telah mengeyam ragam prestasi dari usaha yang mereka lakoni tersebut.

Berkat kesungguhan mereka yang selalu bertekad menghasilkan produk terbaik dan menjaga usaha mereka tetap bertahan. Hingga selalu dipilih oleh pemerintah mewakili Kapuas dalam berbagai ajang.

Tahun 2014 lalu, mendapat penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI sebagai Juara 1 Tingkat Nasional Pemuda Pelopor Tahun 2014.

Tahun berikutnya mendapat Piagam Penghargaan dari Kementerian Perindustrian RI, mengenai produk OVOP bintang 3 tingkat Nasional tahun 2015.

Halaman
12
Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Mustain Khaitami
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved